Survei LSI: Kejaksaan Makin Dipercaya Masyarakat

Merdeka.com – Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung semakin menunjukkan tren positif. Survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), tingkat kepercayaan publik terhadap Korps Adhyaksa mencapai 70 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, survei dilakukan dalam rentang 27 Juni hingga 5 Juli 2022, dengan menempatkan 1.206 responden.

“Terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga, Kejaksaan ada di posisi empat besar, berada di belakang TNI, Presiden dan Polri,” katanya saat memaparkan hasil survei bertajuk Persepsi Publik Terhadap Penegakan Hukum, Tugas Lembaga-Lembaga Hukum, dan Isu-Isu Ekonomi secara virtual, Minggu (24/7).

Menurut Djayadi, ada peningkatan yang cukup signifikan terkait tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan. Jika pada Mei 2022 angkanya baru menyentuh 64 persen, memasuki awal Juli menjadi 70 persen.

Menariknya, Djayadi melanjutkan, dari tiga lembaga penegak hukum, hanya Kejaksaan yang mengalami peningkatan. Kepolisian, misalnya, tak berubah di angka 72 persen. Kondisi sebaliknya kembali menimpa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Djayadi mengatakan, komisi antirasuah justru mengalami penurunan jika dibandingkan temuan Mei 2022. “Jika pada Mei lalu tingkat kepercayaan publik KPK berada di angka 66 persen, kini menjadi 63 persen,” ungkap Djayadi.

Di sisi lain, peningkatan approval rating Kejaksaan, terpotret dari hasil survei LSI, bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 yang dirayakan 22 Juli kemarin.

Selain LSI, survei Indikator Politik Indonesia juga menemukan peningkatan tingkat kepercayaan publik terhadap Korps Adhyaksa. Jika pada April 2022 angkanya 70,2 persen, terjadi peningkatan menjadi 74,5 persen pada Juni 2022.

Serupa LSI, tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Kejagung, dalam temuan Indikator, juga menempatkan Korps Adhyaksa di peringkat keempat, setelah TNI, Presiden, dan Polri.

Reporter: M Radityo [fik]

Baca juga:
Survei LSI: Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri Tertinggi, KPK Paling Buncit
Survei LSI: Ganjar Capres Unggulan di Jatim, Disusul Prabowo dan Khofifah
Survei Capres LSI: Prabowo Paling Banyak Dipilih di Sumsel, Anies Peringkat Dua
Survei LSI: Prabowo Capres Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Disusul Ganjar & Anies
Survei LSI: Elektabilitas Prabowo di Sumbar Tertinggi, Anies Peringkat Dua
Istana: Hasil Survei Dijadikan Kaca Tuk Mewujudkan Kepuasaan Masyarakat
Sekjen PDIP: Tidak Ada Ruang untuk Penundaan Pemilu


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *