CEK FAKTA: Tidak Benar Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam karena Dinilai Radikal

Merdeka.com – Beredar video di media sosial Twitter bernarasi bahwa jemaah haji dilarang bawa air zamzam, karena dinilai radikal. Video berdurasi 1 menit ini memperlihatkan petugas bandara yang sedang membongkar koper.

Terlihat juga petugas yang menunjukkan air zamzam yang secara diam-diam dimasukkan ke dalam koper. Berikut narasinya

NGERI NIH NEGRI…
BAWA AIR ZAM-ZAM AJA UDAH DILARANG
EMANG AIR ZAM-ZAM UDAH TERGOLONG RADIKAL YA⁉️
#RevolusiBasmiPKI
#RevolusiBasmiPKI
KETAKUTAN YG BERLEBIHAN.”

cek fakta tidak benar jemaah haji dilarang bawa air zamzam karena dinilai radikal

Twitter

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari merdeka.com jemaah haji memang dilarang keras memasukkan air zamzam di kemasan apapun ke dalam koper mengacu aturan keselamatan penerbangan.

Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara Edayanti Dasril mengatakan larangan membawa air zamzam berdasarkan regulasi keselamatan dalam penerbangan.

“Kami mengimbau jemaah tidak sekali-kali memasukkan air zamzam (dalam koper bagasi). Karena ini berdasarkan regulasi keselamatan dan standar penerbangan internasional,” katanya di Bandara Jeddah, Sabtu (25/6).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kata Edayanti, jemaah masih diperbolehkan untuk membawa zamzam kemasan botol kecil. Tetapi mulai tahun ini, bila ada yang ketahuan membawa air zamzam, siap-siap dipenalti. Bukan hanya jemaah dan pemerintah, maskapai penerbangan juga akan diberi sanksi.

“Kalau tahun sebelumnya masih kita excuse soal bawa botol kecil zam zam maksimal tiga (botol), masih bisa kami bolehkan. Tapi tahun ini, kami dapat edaran dari otoritas penerbangan yang isi edarannya sangat keras,” kata Edayanti.

Sebagai gantinya, jemaah akan mendapatkan lima liter air zamzam yang dipersiapkan pemerintah dan dapat diambil di debarkasi setibanya di Tanah Air.

Selain air zamzam, jemaah diminta tidak memasukkan barang berbahaya lainnya, seperti benda tajam, bahan mudah meledak, dan cairan. Cairan apabila bocor akan merusak dan mengganggu keselamatan penerbangan.

Dalam kesempatan yang sama, Edayanti menambahkan, berat bagasi jemaah maksimal 32 kg. Selain itu, jemaah hanya bisa membawa tas dengan logo maskapai yang diberikan secara resmi ke kabin.

“Bagasi sudah di-set up 32 Kg dan bisa diisi apa pun, sepanjang tidak diisi dengan air. Jemaah juga hanya boleh bawa tas yang diberikan oleh pihak penerbangan Saudi Airlines yang berlogo,” ucapnya.

Sebagai informasi, sebanyak 297 koper milik jemaah kloter 4 SOC/Solo terpaksa dikembalikan lagi ke pemiliknya di Hotel Kiswah, Jarwal, Makkah menggunakan dua truk. Sebab setibanya di gedung pemeriksaan milik perusahaan Air Gate, ratusan koper terindikasi membawa air zamzam.

“Setelah dilakukan pemeriksaan bagasi tersebut ditemukan 297 koper yang terindikasi air zamzam dari 360. Hanya 63 zero zamzam,” kata Kasi Pelayanan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara, Edayanti Dasril, kepada tim Media Center Haji (MCH) 2022, Jumat (15/7).

Eda menekankan, larangan membawa air zamzam di dalam bagasi semata-mata demi keselamatan penerbangan. Oleh sebab itu, dia berharap tidak ada lagi jemaah yang nekat memasukkan zamzam ke koper setelah melihat 297 koper lainnya terpaksa dikembalikan. Dan hal ini berdampak pada jadwal penerbangan.

“Aturan tidak boleh ada air zamzam dalam koper murni karena safety regulation. Ini bukan imbauan tapi melaksanakan ketentuan dari GACA. Pengembalian koper ini edukasi kepada jemaah bahwa kita serius melakukan proses ini maka koper SOC4 yang ada 297 yang terindikasi air zamzam kami kembalikan ke hotel tempat dimana mereka menginap biar jemaah sendiri yang akan membongkar koper tersebut,” tegas Eda.

Kesimpulan

Larangan jemaah haji membawa air zamzam bukan karena dinilai radikal. Tetapi, terkait aturan atau regulasi keselamatan dan standar penerbangan internasional, sehingga dilarang membawa air zamzam.

Sebagai gantinya setiap jemaah mendapat jatah lima liter air zamzam yang dipersiapkan pemerintah dan dapat diambil di debarkasi setibanya di Tanah Air.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/jemaah-haji-dilarang-bawa-air-zamzam-di-koper-bagasi-saat-pulang-ke-tanah-air-laporan-dari-arab-saudi.html
https://www.merdeka.com/peristiwa/terindikasi-bawa-zamzam-290-an-koper-dikembalikan-ke-jemaah-dan-diminta-keluarkan-laporang-dari-arab-saudi.html

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *