wargasipil.com – Tim SAR gabungan menemukan nelayan bernama La Ode Haryono (22) yang hilang saat melaut di Tanjung Wapade perairan Batu Atas Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, dalam keadaan meninggal dunia.

Pelaksana Tugas Kepala Basarnas Kendari Rudi di Kendari, Minggu mengatakan korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di lokasi sekitar 0,35 mil laut dari tempat dilaporkan hilang.

“Pada pukul 06.30 WITA Tim SAR gabungan melanjutkan operasi pencarian hari kedua. Lalu pada pukul 08.45 WITA Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia sekitar 0,35 mil laut arah tenggara dari lokasi terakhir korban dilaporkan hilang,” katanya.

Dia menyampaikan, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia posisi terapung oleh Tim SAR gabungan. Kemudian jenazah korban dievakuasi oleh Basarnas di bantu keluarga korban dan masyarakat sekitar.

“Korban sudah dievakuasi ke rumah duka di Dusun Perorangan 1 Desa Tilando Jaya Kecamatan Batu Atas Kabupaten Buton Selatan,” ujar Rudi.

Rudi menerangkan sebelumnya pada Sabtu (25/3) sekitar pukul 08.00 WITA, korban keluar mencari ikan dengan menggunakan perahu di sekitar Tanjung Wapade Perairan Batu Atas.

Kemudian, pada pukul 15.00 WITA informasi dari keluarga korban bahwa perahu yang digunakan oleh korban ditemukan dalam keadaan tidak berawak dan ditemukan juga panah ikan milik korban. Saat itu, pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga namun korban tak kunjung ditemukan.

Kejadian tersebut lalu dilaporkan ke Basarnas Kendari sekitar pukul 16.30 WITA. Usai menerima informasi tersebut Tim Penyelamat Pos SAR Baubau diberangkatkan sekitar pukul 16.35 WITA untuk melakukan pencarian terhadap korban.

Dalam operasi pencarian terhadap warga Desa Tilando Jaya Kecamatan Batu Atas Kabupaten Buton Selatan tersebut, Basarnas dibantu Polsek Batu Atas, BPBD Buton Selatan dan keluarga korban.

“Dengan ditemukan korban maka operasi SAR terhadap korban dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” kata Rudi.