Masalah Sanitasi Perlu Jadi Perhatian Bersama

Masalah Sanitasi Perlu Jadi Perhatian Bersama

wargasipil.com – Masalah terkait sanitasi perlu terus menjadi perhatian bersama. Apalagi lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia disebut masih menggunakan toilet yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang ada.

Hal itu disampaikan oleh Senior Vice President, Leader, SATO and LIXIL, Erin McCusker, merujuk pada Program Bersama World Health Organization (WHO) /United Nation Children’s Fund (UNICEF) untuk Ketersediaan Air, Sanitasi, dan Kebersihan.

“Karenanya SATO menawarkan produk sanitasi dan kebersihan yang mudah diterapkan dan terjangkau untuk lebih dari 16 juta orang di Indonesia yang masih menggunakan kakus terbuka,” ujarnya dalam siaraan pers, Jakarta, Selasa (23/5/2023)

“Bahkan kami mengembangkan solusi produk sanitasi dan kebersihan yang inovatif, aspiratif, dan terjangkau, baik untuk konsumen rumah tangga maupun instansi di wilayah perdesaan dan periurban atau sekitar perkotaan,” sambung McCusker.

Selain di Indonesia, SATO juga ekspansi bisnis ke beberapa negara di Asia Tenggara dalam rangka meningkatkan kualitas hidup lebih dari 100 juta orang di berbagai negara pada 2025.

Adapun,SATO memperkenalkan lini produknya kepada para pembuat kebijakan, pimpinan perusahaan, dan mitra potensial di Indonesia. Hal ini bertepatan dengan peringatan 10 tahun merek SATO yang jatuh di tahun ini.

“Rangkaian produk baru yang diluncurkan juga mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan akses menyeluruh pada fasilitas sanitasi yang aman dan memadai di seluruh negeri,” kata dia.

Pimpinan SATO wilayah Asia, Suguru Sakata mengatakan peluncuran produk di Indonesia merupakan momen yang membanggakan bagi SATO dan LIXIL. Hal itu diharapkan bisa melayani lebih banyak konsumen dan instansi, mengembangkan jangkauan dan dampak produk-produk yang dihasilkan di Indonesia.

“Solusi SATO telah disiapkan untuk membawa perubahan bagi jutaan kehidupan di seluruh dunia dan kami berharap bisa mengisi kesenjangan di Indonesia, dengan menawarkan solusi yang terjangkau dan terdepan menuju sustainabilitas pengelolaan sanitasi yang aman dan bersih, dan Sustainable Development Goals (SDG) 6.2,” ucapnya.

Dia juga mengatakan aneka produk SATO seluruhnya diproduksi di Indonesia oleh Aqualon, bagian dari PT Cipta Aneka Agung, yang telah dipercaya reputasinya di bidang manufaktur komponen plastic dan produk pipa PVC.

Anton Laminto dari PT Cipta Aneka Agung mengatakan solusi yang dihadirkan SATO merupakan contoh yang baik dalam memberikan solusi sederhana, namun berdampak luas.

“Kami bangga bisa menambahkan rangkaian produk sanitasi dan kebersihan yang inovatif dan terjangkau ini pada portofolio kami, melayani lebih banyak konsumen dan meningkatkan mata pencaharian di negeri ini,” ujar dia.

Untuk SATO, PT Cipta Aneka Agung akan memproduksi solusi toilet yang terdiri dari SATO Universal I-Trap with Orissa Pan dan SATO Universal I-Trap with Stool.