Luhut Beberkan Rencana RI Tentukan Harga CPO dan Timah

wargasipil.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyinggung soal Indonesia sebagai produsen minyak sawit (CPO/Crude Palm Oil) terbesar di dunia. Untuk itu, dia mengatakan pemerintah ingin mengatur harga komoditas tersebut.

Sementara saat ini, Luhut mengatakan harga CPO ditentukan oleh Malaysia. Padahal Indonesia sebagai produsen terbesar di dunia.

“Soal palm oil, harganya ditentukan di Eropa sama di Malaysia, saya bilang kenapa mesti di sana? kita akan menentukan harga di Indonesia karena kita produksi terbesar,” katanya saat ditemui setelah acara gerakan #DemiIndonesia detikcom, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Luhut juga menyinggung soal harga timah yang menurutnya saat ini diatur oleh Singapura. Menurutnya komoditas itu juga dimilik besar di Indonesia, tetapi tidak diatur sendiri. Pemerintah sendiri sejak lama berencana untuk menyetop ekspor timah.

“Masa harga timah ditentukan di Singapura, yang benar aja? Kamu harus bangga jadi orang Indonesia. Jadi kita mulai menata supaya semua commodity kita itu yang kita produksi yang terbesar di dunia kita harus membuat marketnya itu di Indonesia,” tutur Luhut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”