Kisi-kisi Tes TKD Core Values BUMN, Contoh dan Panduan Perilaku

Kisi-kisi Tes TKD Core Values BUMN, Contoh dan Panduan Perilaku

wargasipil.com – Dalam setiap rekrutmen BUMN, materi core values BUMN selalu diujikan. TKD dan core values BUMN memang tak terpisahkan dalam setiap ujian rekrutmen di perusahaan negara.

Core values BUMN merupakan nilai-nilai utama yang harus senantiasa menjadi pedoman perilaku bagi setiap insan atau sumber daya manusia (SDM) di lingkungan perusahaan pelat merah maupun Kementerian BUMN.

Core values BUMN ini kemudian diimplementasikan dalam bentuk AKHLAK BUMN yang dipertegas dalam Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilau Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN.

Mengutip laman resmi Kementerian BUMN, AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Masing-masing dari nilai AKHLAK BUMN memiliki penjabarannya sendiri-sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku yang akan diterapkan di Kementerian BUMN.

Karena menjadi pedoman kerja yang wajib diterapkan oleh seluruh pegawai BUMN, itu sebabnya core values BUMN AKHLAK ini kemudian dijadikan materi wajib dalam setiap penerimaan karyawan baru.

Aturan implementasi core values BUMN ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020, AKHLAK diterapkan pada seluruh SDM, mulai direksi, dewan komisaris atau pengawas, manajemen, dan pegawai.

Selain berlaku di semua BUMN, core values BUMN ini juga wajib diterapkan di semua anak dan cucu perusahaan BUMN, serta perusahaan afiliasi sahamnya terkonsolidasi dengan perusahaan pelat merah.

Panduan core values BUMN

Berikut panduan core values BUMN:

1. Amanah

Definisi amanah AKHLAK BUMN adalah memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Setiap sumber daya manusia BUMN harus memiliki sifat amanah yang tecermin dari:

  • Memenuhi janji dan komitmen
  • Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan
  • Berpegang teguh pada nilai moral dan etika.

2. Kompeten

Kompeten AKHLAK BUMN adalah sikap terus belajar dan mengembangan kapabilitas. Nilai kompeten tercermin dari perilaku:

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah
  • Membantu orang lain belajar
  • Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

3. Harmonis

Harmonis AKHLAK BUMN memiliki definisi sebagai saling peduli dan menghargai perbedaan. Contoh sikap yang menunjukkan nilai harmonis antara lain:

  • Menghargai setiap orang apa pun latar belakangnya
  • Suka menolong orang lain
  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

4. Loyal

Loyal AKHLAK BUMN adalah sikap berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Beberapa perilaku loyal antara lain:

  • Menjaga nama balk sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan negara Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar
  • Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

5. Adaptif

Adaptif AKHLAK BUMN artinya terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan. Sikap adaptif tercermin melalui:

  • Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik
  • Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi
  • Bertindak proaktif.

6. Kolaboratif

Kolaboratif AKHLAK BUMN artinya bisa membangun kerja sama yang sinergis. Nilai ini tecermin pada perilaku:

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi
  • Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Contoh soal TKD dan core values BUMN

Soal TKD yang terdiri dari sejumlah bagian meliputi Tes Wawasan Kebangsaan atau disingkat TWK, Tes Intelegensi Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Ketiga materi ini menjadi salah satu indikator utama dalam proses seleksi penerimaan pegawai BUMN ini. Bagi Anda yang akan melamar ke perusahaan negara, wajib mengetahui kisi-kisi TKD dan core values BUMN ini.

Sebagaimana halnya dengan TKD, tes core values BUMN juga penting, sehingga wajib dipersiapkan dengan baik oleh para peserta.

Tes core values BUMN digunakan untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan para peserta mengenai prinsip dan nilai BUMN, yaitu AKHLAK.

Berikut dua contoh soal core values BUMN:

Contoh soal I:

Membangun kerja sama yang sinergis, dengan kriteria ” merupakan kalimat afirmasi dari value?
a. Adaptif
b. Kolaboratif
c. Harmonis
d. Kompeten

Jawaban: B

Contoh soal 2:

“Kami terus belajar dan mengembangkan kapabilitas” merupakan kalimat afirmasi dari value?
a. Adaptif
b. Kolaboratif
c. Harmonis
d. Kompeten

Jawaban: D

Itulah contoh soal TKD dan core values BUMN . Agar peluang diterima lebih besar, tak ada salahnya memahami panduan core values BUMN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.