Kemenparekraf gelar sosialisasi sadar wisata di Sleman

Kemenparekraf gelar sosialisasi sadar wisata di Sleman

wargasipil.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifmenyelenggarakan sosialisasi sadar wisata selama dua hari berturut-turut di enam lokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (6/12) dan Rabu (7/12).

“Sosialisasi sadar wisata pada Selasa 6 Desember 2022 dilakukan di Kalurahan Gayamharjo, Madurejo, Sambirejo Kapanewon (Kecamatan) Prambanan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Ia mengatakan, untuk hari ini sosialisasi diselenggarakan di Kelurahan Tamanmartani Kapanewon Kalasan, Kelurahan Wukirharjo dan Sumberharjo Kapanewon Prambanan.

“Di masing-masing lokasi menghadirkan 100 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang,” katanya.

Menurut dia, latar belakang peserta meliputi kelompok masyarakat yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan usaha atau bisnis pariwisata, baik pengelola destinasi wisata maupun pelaku usaha yang berhubungan dengan wisata dan pelaku usaha lainnya.

Ishadi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI terkait penyelenggaraan Sosialisasi Sadar Wisata tersebut.

“Kegiatan tersebut menunjukkan komitmen dan ‘political will’ yang tinggi dari pemerintah pusat terhadap upaya pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan pariwisata di tingkat daerah,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar terhadap seluruh peserta sosialisasi untuk benar-benar menangkap peluang positif dan pengetahuan serta ketrampilan yang diperoleh selama sosialisasi.

“Selain itu diharapkan setelah sosialisasi para peserta mampu mengidentifikasi segenap potensi yang ada di wilayahnya untuk kemudian dikembangkan menjadi rintisan destinasi wisata atau desa wisata,” katanya.

“Hal yang tidak kalah pentingnya adalah sinergitas dan kolaborasi antarpemangku kepentinganuntuk secara bersama-bersama membangun dan mengembangkan destinasi wisata yang berkualitas,” katanya.