4 Pelajaran Penting dari Basket yang Jadi Pegangan Sandiaga Uno

wargasipil.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagai cerita tentang apa yang dilakukan saat muda hingga menjadi pengusaha, dan kini pejabat. Sandi bercerita semasa muda kerap bermain basket.

Namun bukan sekadar main, dari olahraga basket Sandiaga banyak mengambil pelajaran yang dia pegang selama perjalanan hidup dan sampai hari ini. Hal ini diungkap menjawab pertanyaan apa yang dilakukannya saat muda hingga bisa mencapai titik sekarang, agar anak muda bisa mencontohnya.

“Yang saya lakukan pada masa muda main basket dari pagi sampai sore, dan sampai dimarahi ibu saya. Tetapi ternyata basket menyadarkan empat hal, (pertama) life is about teamwork kerja sama,” jelasnya dalam diskusi di acara gerakan #DemiIndonesai detikcom, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Kedua, speed atau kecepatan, menurutnya kalau mau sukses dalam kehidupan baik menjadi pengusaha atau di pemerintahan, harus bisa kerja cepat.

“Kalau mau sukses di kehidupan baik menjadi pengusaha pemerintahan, harus penuh kecepatan gercep istilahnya gerak cepat, geber gerak bersama,” tuturnya.

Ketiga, basket mengajarkan dirinya untuk menggarap semua potensi yang ada. Keempat, napas panjang dalam bermain basket menjadi pendorong untuk bisa bertahan di situasi bisnis maupun politik.

“Termasuk napas panjang sama seperti politik basket napas panjang siapa yang memiliki napas panjang di politik dan bisnis,” tutur Sandiaga.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”