Mahfud MD Acungkan Jempol usai PPP Ajukan Namanya Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Mahfud MD Acungkan Jempol usai PPP Ajukan Namanya Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Mahfud MD Acungkan Jempol usai PPP Ajukan Namanya Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Warga Sipil – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD memberikan tanggapan soal langkah Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) yang menyerahkan namanya sebagai satu dari dua kandidat bacawapres untuk bacapres PDIP Ganjar Pranowo .

Selain Mahfud MD , PPP menyerahkan serta nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai kandidat lainnya untuk diusulkan bersaing dengan Ganjar. Terkait hal itu, Mahfud hanya mengacungkan jempol dan menjawab singkat.

“Bagus!” kata Mahfud, sembari meninggalkan awak media memasuki mobilnya, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

ADVERTISEMENT

Meski singkat, jawaban Mahfud kali ini cenderung lebih positif dibandingkan dengan sebelumnya. Di kesempatan lalu, Mahfud menegaskan tak ada sama sekali pertemuan yang mempertegas posisinya di mata PDIP, terkait bursa cawapres bagi Ganjar Pranowo .

Di sela kunjungan kerja di Kota Malang, Mahfud mengungkap nihilnya pertemuan dengan bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut sejauh ini.

“Tidak (ada pertemuan), yang ketemu Pak Ganjar itu Pak Anies atau siapa begitu. (Saya) tidak tahu,” kata Mahfud, di Malang, Jawa Timur, Jumat malam, 7 Juli 2023 lalu.

Selain nihilnya pertemuan, Mahfud juga mengaku tidak tahu jika dirinya menjadi salah satu tokoh yang digadang-gadang akan dipasangkan bersama Ganjar Pranowo , dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Tidak tahu (terkait bakal calon wakil presiden), saya tidak tahu,” ujarnya, menegaskan.

Dikatakan Mahfud, dirinya sering bertemu dengan pihak PDIP. Namun demikian pertemuan itu tak pernah menyasar soal Pemilu 2024, apalagi pencalonannya sebagai cawapres pendamping Ganjar. Komunikasi dengan para tokoh partai berlambang banteng moncong putih itu, kata Mahfud selalu untuk urusan lain.

“Sering kalau bicara dengan PDI Perjuangan, ‘kan mereka semua teman. Persoalannya, ngobrol apa, kan begitu,” katanya.

Namun demikian dalam jawaban terakhirnya, Mahfud menyiratkan bahwa dirinya dilibatkan PPP ketika hendak diusulkan menjadi cawapres Ganjar Pranowo , untuk kontestasi Pemilu 2024. Meski, Mahfud masih harus melewati seleksi bersama kader PPP yang tak lain adalah Menparekraf Sandiaga Uno.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah sebelumnya menyinggung beberapa nama kandidat cawapres Ganjar, di mana salah satunya ada nama Menko Polhukam Mahfud MD . Menurutnya semua opsi masih mungkin terpilih hingga nanti penetapan final pada pendaftaran capres dan cawapres ke KPU.

“Tapi sekali lagi, semua cawapres yang muncul di permukaan publik mau Pak Sandiaga Uno, mau Pak Mahfud MD , kemudian sekarang Mbak Puan ada menyebut Mbak Yenny Wahid, ada mantan Panglima TNI (Purn) Jenderal Andika Perkasa, kemudian ada Pak Erick Thohir dan banyak lagi,” ujarnya, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Basarah lantas mengingatkan bahwa sifat pencawapresan harus berdasarkan kesukarelaan. Pantang terdapat unsur paksaan ketika hendak menyandingkan salah satu tokoh dengan sang bacapres jagoan.

“Lagi-lagi kan bagi PDI Perjuangan kerja sama politik itu dasarnya harus kesukarelaan. Tidak boleh ada paksaan, apalagi ada ancaman, dan lain sebagainya,” kata Basarah. ***