Pakar Sebut G20 Berikan Dampak Positif Bagi Kepentingan Nasional

Pakar Sebut G20 Berikan Dampak Positif Bagi Kepentingan Nasional

WargaSipil.com – Kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada G20 dinilai berhasil dalam membuat Indonesia di perhitungan di mata dunia internasional. Hal itu pun menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan.

Pakar Hubungan Internasional Universitas Indonesia Prof. Evi Fitriani mengatakan, momentum G20 tidak hanya ajang internasional, tetapi Presiden Jokowi juga memikirkan bagaimana agar acara tersebut dapat memberikan dampak yang kongkret bagi bangsa Indonesia.

“Sejauh yang saya amati cukup sukses itu sebagian besar agenda-agenda, Presiden Jokowi dan timnya itu selalu intens apa pun yang dilakukan G20 harus berdampak positif dan konkret bagi kepentingan Indonesia,” ujar Evi dikutip, Selasa (27/9).

Menurut Guru Besar Hubungan Internasional UI, kalau melihat peran Presidensi negara sebelum-sebelumnya, nampak sekedar acara seremonial, tidak memberikan efek bagi rakyatnya.

“Nah saya pikir itu nilai lebih yang tidak dikejar oleh presiden-presiden sebelumnya. Kalau presiden-presiden sebelumnya kan pokoknya asal nanti sukses ada foto-foto dia diberi selamat itu sudah cukup,” ujarnya.

Namun, hal tersebut berbeda jauh saat ditangani Pemerintah Indonesia, dimana hasil dari G20 berdampak positif bagi masyarakat Indonesia secara riil, hingga semua Kementerian lembaga memainkan peran mereka masing-masing.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”