Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

wargasipil.com – Seiring dengan perkembangan zaman komputer tidak hanya digunakan untuk kepentingan komputasi atau aktivitas yang memerlukan pengolahan data dalam jumlah yang besar.

Akan tetapi saat ini fungsi komputer lebih dari itu. Mulai dari pencatatan hingga digunakan sebagai hiburan. Sistem komputer pun mengalami perkembangan yang luar biasa.

Para ahli terus berusaha mengembangkan dan melakukan inovasi pada sistem komputer agar penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman saat ini.

Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian sistem komputer beserta komponen-komponen yang ada dalam komputer.

Apa itu sistem komputer?

Sistem komputer adalah seperangkat perangkat terintegrasi yang bisa menerima input, memprosesnya, memberikan output, serta menyimpan data dan informasi yang ada di dalamnya.

Sistem komputer memungkinkan pengguna untuk dapat memasukkan, memanipulasi, dan menyimpan data. Contoh perangkat-perangkat yang termasuk dalam sistem komputer adalah CPU, monitor, keyboard, mouse, dan berbagai komponen opsional lainnya.

Komponen sistem komputer

Semua komputer tentunya memerlukan berbagai perangkat keras untuk menunjang kerja sistem komputer. Berikut beberapa komponen dalam sistem komputer.

Memori

Perangkat keras memori digunakan untuk menyimpan data dan program. Berdasarkan sifat penyimpanannya, terdapat dua jenis memori yakni bersifat sementara (RAM) dan bersifat permanen (ROM).

RAM merupakan perangkat keras yang biasanya terdapat dalam perangkat gadget seperti komputer, smartphone, dan laptop. Sebagai tempat penyimpanan data sementara, RAM hanya bekerja saat perangkat tersebut beroperasi.

Sementara ROM merupakan media penyimpanan yang hanya bisa diakses dan dibaca oleh pengguna tanpa bisa dimodifikasi.

Perangkat penyimpanan massal

Dalam sebuah sistem komputer juga memiliki perangkat penyimpanan massal atau perangkat input-output. Dengan adanya perangkat keras ini, memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dalam jumlah besar secara permanen ke dalam komputer.

Contoh perangkat penyimpanan massal ini adalah hard disk, floppy disk drive, USB drive, CD drive, dn DVD drive.

Perangkat input

Perangkat input merupakan perangkat apapun yang dapat mengirim data ke komputer. perangkat ini berfungsi untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam sistem komputer.

Perangkat input bekerja dengan cara mentransformasikan data yang masuk ke dalam sebuah informasi berupa data atau perintah dalam komputer. Dalam sistem komputer perangkat input digolongkan ke dalam dua kelompok, yakni perangkat input langsung dan tidak langsung.

Perangkat input langsung berfungsi untuk memasukkan data secara langsung ke dalam sistem komputer tanpa perlu menunggu operator menerjemahkannya terlebih dahulu.

Keunggulan dari perangkat input langsung ini adalah risiko kesalahan yang ditimbulkan akan sangat kecil dan waktu masukannya relatif lebih cepat, karena tanpa penerjemahan dari operator.

Sementara perangkat input tidak langsung adalah perangkat yang bekerja dengan cara memasukkan data dari luar komputer. Di mana data tersebut perlu dibaca secara manual terlebih dahulu, sehingga membuat risiko kesalahannya cukup tinggi.

Contoh perangkat input dalam komputer adalah keyboard, mouse, joystick, light pen, kamera digital, pemindai, pembaca kode batang, track ball, sistem pengenalan ucapan, dan lain sebagainya.

Perangkat output

Perangkat output atau perangkat keluaran merupakan perangkat apapun yang dapat mengeluarkan informasi atau data dari komputer ke perangkat lain. Perangkat output menghasilkan atau menampilkan hasil dari informasi yang telah diproses dalam sistem komputer.

Output hasil dari pemrosesan komputer tersebut digolongkan menjadi empat bentuk, yakni huruf, gambar, suara, dan video. Oleh karena itu, peralatan output yang menghasilkan informasi bisa dibaca, dilihat, didengar, dan dipahami oleh pengguna.

Contoh dari perangkat output adalah tampilan layar, printer, monitor, plotter, sistem output video, sistem respon audio, dan lain sebagainya.

Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan salah satu perangkat keras yang paling penting dalam sebuah sistem komputer. Pasalnya, CPU adalah jantung dari komputer itu sendiri. CPU bertanggung jawab untuk mengeksekusi sebuah instruksi-instruksi yang masuk.

CPU menerima input data, mengeksekusi instruksi, memproses informasi, dan menghasilkan hasil yang sesuai. Itulah pengertian serta komponen-komponen yang ada dalam sistem komputer beserta dengan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!