Mengenalkan Kenikmatan Kopi Nusantara lewat Barista Muda

WargaSipil.com – Tanah Air kaya dengan hasil beragam jenis kopi. Kopi-kopi yang dihasilkan di Nusantara penuh kaya rasa. Anak muda pun semakin banyak terjun ke profesi barista.

Barista-barista muda kerap kurang percaya diri dalam menunjukkan kemampuan mereka saat menyajikan kopi terbaiknya. Untuk menguji nyali dan mengukur kemampuannya itu, para barista muda menjadikan kompetisi sebagai langkah awal. Biasanya mereka memilih kompetisi latte art.

“Barista muda profesional yang belum pernah ikut kejuaran seni latte sebelumnya, kompetisi dijadikan sebagai lompatan untuk menguji kemampuan dan kepercayaan diri,” ujar kata Managing Director Flash Coffee Indonesia Maxime Chaury kepada WargaSipil.com, Senin (3/10).

Sebelumnya Flash Coffee menggelar Latte Art Championship (FLASH LAC) untuk para barista muda di Hotel Aston Kemayoran City, Jakarta, Minggu (2/10). Kompetisi itu untuk menyambut Hari Kopi Sedunia yang jatuh setiap 1 Oktober.

Maxime Chaury mengatakan, dari kompetisi para barista muda bisa mendapatkan masukan berharga dari dewan juri. Umumnya para juri itu kemampuannya sudah diakui di berbagai kejuaraan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Head Barista Flash Coffee Robby Firlian menambahkan, kultur kopi di Indonesia terlihat semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir. Semua itu didorong dengan menjamurnya kedai-kedai kopi di berbagai daerah. Umumnya, kedai kopi di daerah yang digawangi para barista muda kerap mengedepankan kopi-kopi daerah tertentu.

Antara kopi dari satu daerah dengan daerah lain memiliki rasa yang berbeda. Hal itu membuat para penikmat kopi atau masyarakat umum yang suka ngopi bakal ketagihan.

Robby berharap masyarakat umum semakin ingin untuk mencari tahu tentang dunia perkopian. Terutama kopi-kopi dari Indonesia. Bila kopi semakin dipahami, masyarakat semakin tahu cara menikmati kopi. “Kopi-kopi di nusantara sangat kaya rasa,” ujar Robby Firlian.

Editor : Ilham Safutra

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”