Honor MagicBook V 14, Laptop Pertama Dengan Windows 11

wargasipil.com – NESABAMEDIA.COM – Pada konferensi yang digelar kemarin, Honor secara resmi mengumumkan perangkat ultrabook MagicBook V 14. Ada banyak fitur istimewa yang menarik untuk dibahas pada MagicBook V 14, utamanya adalah ini akan menjadi perangkat laptop pertama yang mendukung Windows 11.

Tampilan dan Layar

Notebook MagicBook V 14 melanjutkan gen estetika dari keluarga Honor MagicBook. Ini menggunakan bahan paduan aluminium kelas aviasi dan teknologi anoda logam. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih yakni, dawn blue, starry gray, dan glacier silver.

Berkat desainnya yang canggih, notebook MagicBook V 14 memiliki bobot hanya 1,48 kg dan memiliki ketebalan 14.8mm. Ini sangat tipis dan memiliki rasio layar ke body sebesar 90,5%. Secara visual, hampir tanpa batas.

Sedangkan untuk tampilannya sendiri, terdapat layar LTPS berukuran 14,2 inci dengan rasio 3:2 dan resolusi hingga 2520×1080. Layar ini menawarkan kecepatan refresh tinggi 90Hz, kecerahan 400 nits, 1,07 miliar warna, dan gamut warna 100% sRGB.

Selain itu, ia juga mendukung DC dimming, sentuhan definisi tinggi 10 titik, dan telah lulus sertifikasi pelindung low blue light eye Rheinland Jerman, sertifikasi pelindung mata non-flicker-free Rheinland Jerman, dan sertifikasi pelindung mata National Eye Center. Ini adalah tiga sertifikasi pelindung mata utama di dunia. Dengan demikian, layar efektif mengurangi kelelahan mata dan menjaga kesehatan mata.

Kinerja dan Perangkat Keras

Notebook MagicBook V 14 menggunakan prosesor Intel Core H35 generasi ke-11, Core i5/i7 opsional dan frekuensi akselerasinya bisa mencapai 5GHz. Dalam hal optimasi, CPU notebook MagicBook V 14 menawarkan kinerja hingga 45W atau lebih.

Selain mampu digunakan untuk tugas apa pun, ini juga ideal untuk bermain game. Notebook MagicBook V 14 dilengkapi dengan tampilan inti arsitektur Intel Xe secara default. Performa grafis 87% lebih tinggi dari tampilan inti generasi sebelumnya. Plus, ia hadir dengan tampilan independen kinerja tinggi NVIDIA MX450.

Diketahui juga akan menggunakan memori frekuensi tinggi 16GB LPDDR4X-4266, rangkaian lengkap hard drive PCIe SSD, dan sebagainya.

Dalam hal pembuangan panas, MagicBook V 14 telah meningkatkan teknologi pembuangan panas terbaru. Kini hadir dengan desain double heat pipe berdiameter besar berbentuk sayap. Ada 9 sensor untuk memantau panas sistem secara lengkap dan akurat. Ini dapat melepaskan kinerja 45W + TDP, dan kebisingan di bawah beban rendah tidak melebihi 22dBA.

Kamera dan Fitur Lainnya

Notebook MagicBook V 14 berfokus pada peningkatan kemampuan konferensi audio dan video yang saat ini sangat dibutuhkan. Untuk pertama kalinya, ia menggunakan kamera ganda ultra-wide-angle definisi tinggi 5 MP. Mendukung resolusi level 1440p, dan kualitas gambarnya 4 kali lipat dari kamera biasa. Selain itu, kamera yang ada dijelaskan akan mendukung pemotretan sudut ultra lebar 90 derajat. Jadi tidak akan ada perspektif kosong ketika melakukan meeting.

Selain itu, ia juga memiliki kamera IR, yang mendukung Face Lock. Hanya membutuhkan waktu 1,8 detik di bawah cahaya gelap untuk membuka kunci laptop.

Ada juga 4 mikrofon dan 4 sistem speaker. Efek audionya juga sangat powerful. Jadi laptop ini tidak hanya ideal untuk konferensi, tetapi juga suara surround juga sangat cocok untuk bermain game atau menonton video.

Model keyboard laptop Honor ini memiliki penekanan tombol 1,5 mm, dan penutup tombol dilapisi dengan resin ramah kulit. Ini tahan noda dan tahan aus, memastikan bahwa pelumas keyboard tidak akan tercetak di layar.

Tombol daya sidik jari ditransplantasikan ke area keyboard. Itu dapat membuka kunci laptop dalam 0,7 detik. Antena NFC juga ditransplantasikan ke area touchpad.

Baterai

Dari segi baterai, notebook MagicBook V 14 hadir dengan baterai besar 60Wh, yang memiliki daya tahan pemutaran video hingga 15 jam. Ini juga mendukung pengisian cepat. Jadi laptop dapat mengisi 45% baterai dalam waktu setengah jam. Charger 65W tidak hanya seringan 160 gram, tetapi juga kompatibel dengan ponsel.

Sistem dan Perangkat Lunak

Adapun sistem dan perangkat lunak, notebook MagicBook V 14 adalah batch pertama yang datang dengan sistem Microsoft Windows 11 out of the box. Layar sentuh juga sepenuhnya disesuaikan dengan sistem baru, menghadirkan pengoperasian tiga jari dan empat jari yang lebih nyaman.

Notebook MagicBook V 14 juga mendukung kolaborasi multi-layar Honor hingga 3 jendela. PC dan ponsel dapat berbagi file dan perangkat tanpa kabel data. Setelah peningkatan, mereka bahkan dapat berkolaborasi dengan perangkat seperti tablet untuk memperluas pekerjaan dan kemungkinan pembuatan konten.

Notebook MagicBook V 14 mendukung Wi-Fi 6, antarmuka Thunderbolt 4, sertifikasi Intel EVO, dan sebagainya.

Harga dan Ketersediaan

Terakhir, versi Core i5 notebook MagicBook V 14 dihargai Rp13,6 jutaan, versi standalone Core i5 + MX450 dihargai Rp15,5 jutaan , dan versi standalone Core i7 + MX450 dihargai Rp17,6 jutaan. Perangkat ini sudah dalam pre-order dan akan memasuki pasar pada 6 Oktober.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.