Fitur System Photo Picker Android 13 Ternyata Sudah Ada di Android 12L

wargasipil.com – NESABAMEDIA.COM – Pembaruan besar Android 13 tidak akan mendarat sampai akhir tahun ini, namun ternyata salah satu fiturnya sudah tersedia di build stabil terbaru dari Android 12L. Fitur bernama System Photo Picker memungkinkan ada untuk mengakses file media tertentu tanpa harus memberikan akses aplikasi satu per satu ke semua media yang ada di smartphone.

Fitur System Photo Picker itu tidak aktif secara default sebagai bagian dari Android 12L, namun jika anda melakukan sedikit utak-atik, anda akan bisa menemukannya di build stabil terbaru.

Mishaal Rahman adalah yang pertama menemukan fitur baru ini dan dia berhasil membuatnya berjalan di Android 12L. Dia mengatakan bahwa pengguna bisa memilih file media tertentu yang bisa diakses oleh aplikasi tertentu juga. Namun aplikasi mana yang sudah siap atas fitur ini masih belum jelas. Ketika mencobanya di Android 13 DP1, banyak sekali aplikasi yang masih belum siap akan fitur ini.

Akan tetapi, fitur ini bisa diakses pada build Android 12L terbaru karena ini merupakan bagian dari modul Media Provider Mainline. System Photo Picker saat ini masih terkunci di Android 12L, namun jika anda mau mengutak-atik software, maka itu akan anda temukan. Untuk melakukannya, langkah-langkahnya adalah memastikan bahwa itu sudah tersedia di perangkat anda.

Untuk memeriksanya, pertama yang anda lakukan adalah memeriksa versi modul Media Provider APEX. Kemudian jalankan perintah ‘cmd device_config’ berikut:

‘raven:/ $ pm list package –apex-only –show-versioncode | grep ‘mediaprovider’ package:com.google.android.mediaprovider versionCode:311514030

raven:/ $ am start -n com.google.android.providers.media.module/com.android.providers.media.photopicker.PhotoPickerActivity –ei android.provider.extra.PICK_IMAGES_MAX 4

Starting: Intent { cmp=com.google.android.providers.media.module/com.android.providers.media.photopicker.PhotoPickerActivity (has extras) }’

Namun perhatikan bahwa ini membutuhkan upaya yang cukup rumit, khususnya mengingat bahwa fitur ini masih belum bisa bekerja dengan benar. Mungkin lebih baik untuk menunggu sampai Android 13 diluncurkan secara resmi dalam status stabil untuk mencobanya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.