WargaSipil.com-Apple merilis versi resmi iOS 16 bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 14. Sistem baru ini membawa perubahan besar pada layar kunci, informasi, peta, dan banyak lagi.

Namjn sayangnya, beberapa hari setelah peluncuran, banyak pengguna mengalami masalah dengan iPhone mereka. Keluhan tentang sistem iOS 16 berkisar dari kinerja sistem yang lamban hingga baterai yang mudah terkuras.

Selama beberapa hari terakhir, ada laporan masalah dengan iPhone 14 Pro. Ada masalah dengan kamera, masalah aktivasi iMessage dan FaceTime, dan banyak lagi. Namun, ada masalah lain yang memengaruhi basis pengguna iOS 16 yang lebih luas.

Dilansir dari ITHome, ketika beberapa tugas latar belakang sedang berjalan, biasanya akan baterai lebih cepat habis. Namun, beberapa pengguna mengeluh bahwa setelah memperbarui ke iOS 16, tingkat pengurasan baterai menjadi sangat besar.

Ini bukan masalah yang eksklusif untuk seri iPhone 14. “Ini benar-benar menghancurkan masa pakai baterai pada iPhone 13 Pro. Masa pakai baterai iPhone 14 Pro pada awalnya bagus, tetapi sekarang masa pakai baterai dipersingkat menjadi 4-5 jam,” kata beberapa netizen yang mengeluhkan sistem operasi baru ini.

Terkait baterai, hal ini sempat diutarakan Apple baru-baru yang mengakui bahwa mengaktifkan fitur feedback haptic untuk keyboard di iOS 16 dapat menguras baterai, sehingga pengguna yang mengalami pengurasan baterai dapat mencoba mematikannya.

Selain itu, masalah yang lebih menonjol untuk pengguna iOS 16 adalah kinerja pencarian Spotlight yang lambat. Pengguna telah melaporkan bahwa Spotlight terkadang membutuhkan waktu hingga 10 detik untuk memuat hasil dan terkadang gagal memuat sama sekali.

Untuk bug khusus ini, banyak pengguna mengatakan bahwa mengatur ulang semua pengaturan dapat secara signifikan meningkatkan kinerja pencarian Spotlight, tetapi Apple belum merilis solusi resmi atau perbaikan bug.

Apple telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengetahui beberapa masalah yang dialami pengguna, termasuk guncangan kamera pada iPhone 14 Pro terbaru, dan telah menjanjikan pembaruan iOS 16 minggu depan.

Kemungkinan besar pembaruan iOS 16.0.2 akan mencakup perbaikan untuk masalah kamera, permintaan salin-tempel yang mengganggu, dan masalah aktivasi iMessage dan FaceTime. Pembaruan juga diharapkan dapat mengatasi masalah lain yang dialami pengguna, seperti menguras baterai dan pencarian Spotlight yang lambat. (*)

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”