Apple Kembangkan Headset AR/VR Dengan Tiga Layar

wargasipil.com – NESABAMEDIA.COM – Apple memang belum mengungkap apapun terkait produk yang akan mereka keluarkan berikutnya, namun sejumlah rumor mengenai produk headset AR/VR telah merebak dalam beberapa waktu terakhir. Headset tersebut menjadi topik yang paling banyak dibicarakan mengenai produk berikutnya dari Apple.

Di saat rumor mengenai headset itu hangat dibicarakan, muncul informasi dari sumber lain yang memperkuat rumor bahwa Apple akan mengumumkan produk headset itu setidaknya pada akhir tahun 2022 dengan pasokan yang terbatas.

Lebih lanjut kabar tersebut meyakini bahwa pengiriman produk baru itu tidak akan terjadi setidaknya sebelum kuartal pertama tahun 2023. Informasi ini diperoleh dari catatan dari Apple kepada investor yang bocor ke publik baru-baru ini.

Sementara, tulisan yang diterbitkan oleh Display Supply Chain (DSCC) awal pekan ini juga mengungkap lini masa yang sama untuk peluncuran headset Apple tersebut. Dalam laporan itu dijelaskan bahwa headset tersebut akan memiliki konfigurasi tiga layar, dan Apple akan mengkombinasikan dua layar Micro OLED dan sebuah panel AMOLED di dalamnya.

Berat dari headset Apple itu sekitar 300 sampai 400 gram. Dijelaskan bahwa headset AR/VR itu akan mampu mengirimkan kinerja yang sebanding dengan chipset M1 yang digunakan perusahaan untuk perangkat MacBook. Rumor lainnya mengungkap bahwa perangkat tersebut akan dilengkapi dengan sensor tingkat lanjut untuk deteksi lingkungan dan gerakan.

Selanjutnya, Bloomberg, memberitakan bahwa perangkat headset AR/VR itu bisa menampilkan teks, surat elektronik, peta, games dan hal-hal menarik lainnya melalui layar holografis yang ditanam di dalam lensanya.

Para analis menduga bahwa headset generasi pertama dari Apple itu akan sangat bergantung pada keberadaan iPhone. Di mana pada saat ini juga Apple tengah memfokuskan diri untuk mempersiapkan peluncuran generasi berikutnya dari iPhone SE, yang rumornya akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022.

Menarik untuk diikuti kabar mengenai headset AR/VR dari Apple ini, mengingat bahwa saat ini banyak perusahaan besar lainnya yang tengah mencoba mengembangkan lebih lanjut produk dan layanan mereka untuk memasuki pasar Metaverse. Seperti yang sebelumnya diberitakan nesabamedia.com mengenai kerjasama Qualcomm dan Microsoft dalam membuat chipset khusus untuk ekosistem Metaverse nantinya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.