Apple iPhone 15 Nantinya Tidak Lagi Gunakan Slot Kartu SIM

wargasipil.com – NESABAMEDIA.COM – Tahun ini, Apple telah meluncurkan iPhone 13 series. Perangkat ini masih baru, namun telah banyak rumor dan bocoran yang mengungkap smartphone generasi berikutnya yakni iPhone 14 series.

Baru-baru ini bahkan telah muncul informasi lainnya, yang merujuk pada iPhone 15. Salah satu hal yang paling disorot dari bocoran itu adalah bahwa smartphone yang kemungkinan dirilis tahun 2023 itu tidak akan lagi menggunakan slot kartu SIM.

Berdasarkan laporan tersebut, iPhone 15 Pro tidak akan memiliki slot kartu SIM fisik. Namun, smartphone ini akan bergantung sepenuhnya pada teknologi eSIM untuk masalah konektivitasnya.

Sumber tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa smartphone ini akan hadir dengan dukungan dual eSIM. Ini akan memungkinkan pengguna untuk memiliki dua jalur sekaligus secara bersamaan, yang merupakan hal baru bagi pengguna iPhone. Namun, masih belum jelas bahwa model non-Pro-nya apakah juga akan bergantung sepenuhnya pada teknologi eSIM, atau masih menggunakan slot kartu SIM fisik.

Hal ini memang bukanlah sebuah kabar yang mengejutkan, khususnya dengan adanya penggunaan teknologi eSIM di iPhone. Apple merupakan salah satu perusahaan yang cenderung lebih fokus untuk menjadikan penggunaan eSIM sebagai sebuah standar baru. Jajaran produk Watch mereka pun telah bergantung sepenuhnya pada teknologi baru ini.

Rumor tersebut juga mengatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari ambisi besar Apple untuk menjadikan produk iPhone mereka benar-benar tanpa Port atau colokan. Perusahaan ingin menghilangkan port SIM, dan di masa depan juga akan meninggalkan port untuk pengisian baterai juga. Untuk mencapai tujuan ini, maka Apple pun harus bergantung pada teknologi eSIM dan juga pengisian ulang nirkabel.

Namun, pertanyaan terbesar adalah apakah Apple masih akan bersikukuh dengan penggunaan eSIM itu, sementara masih banyak negara yang belum menyediakan teknologi tersebut. Mungkin saja, Apple akan mengadopsi solusi lain dalam penggunaan SIM di produk smartphone mereka itu.

Tentu, kabar ini masih sebatas rumor jadi kemungkinan besar juga tidak akan terbukti nantinya. Apapun itu, masih banyak bulan yang harus dilewati menuju perilisan iPhone 15. Fokus akan lebih ditujukan pada iPhone 14, dan iPhone 15 mungkin masih dalam tahap sketsa awal. Perlu menunggu adanya informasi dari sumber yang lebih resmi, guna mendukung rumor penggunaan eSIM pada smartphone Apple yang akan datang itu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.