Aftech ajak masyarakat ciptakan ruang transaksi digital yang aman

wargasipil.com – Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya menciptakan ruang transaksi digital yang aman di tengah pemanfaatan financial technology (fintech) yang terus meningkat.

Hal tersebut disampaikan dalam rangka Bulan Fintech Nasional (BFN) 2022 yang berlangsung selama satu bulan penuh hingga 12 Desember 2022. Ketua Umum Aftech Pandu Patria Sjahrir mengatakan rangkaian program BFN berkomitmen untuk terus memberikan edukasi relevan kepada masyarakat agar tidak salah langkah dalam memanfaatkan produk fintech.

“Kami percaya, apabila dimanfaatkan dengan optimal, fintech mampu mendukung keseharian masyarakat dan mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional secara luas,” kata Pandu melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa masyarakat saat ini sudah semakin familiar dengan berbagai produk fintech, baik untuk pembayaran hingga melakukan verifikasi dan autentifikasi transaksi digital.

Agar peningkatan ini tidak hanya sekadar menjadi tren, Pandu memandang perlu adanya penguatan kompetensi masyarakat dalam pemanfaatan jangka panjang, termasuk dalam memahami risiko fintech yang digunakan hingga cara melindungi privasi dan keamanan informasi.

Sementara itu, melalui keterangan tertulis, Koordinator Tata Kelola Sertifikasi Elektronik Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Martha Simbolon mengatakan kementerian pun akan mengembangkan regulasi terkait identitas digital untuk mendukung penerapan transaksi online yang aman.

Menurut Martha, pemerintah akan menyusun kerangka regulasi identitas digital, menyiapkan SDM digital, hingga membangun ekosistem digital.

“Identitas digital yang aman adalah suatu keharusan yang baru saat ini. Kemenkominfo mempersiapkan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSE) untuk memfasilitasi identitas digital, sekarang perlu ada kolaborasi antar sektor untuk penggunaannya,” kata Martha.

Dalam pekan ketiga rangkaian BFN 2022, sejumlah perusahaan fintech telah menyapa masyarakat di antaranya perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital dan identitas digital, Privy, hingga perusahaan payment gateway, Xendit.

Selain kegiatan webinar edukatif, BFN 2022 kembali menghadirkan Virtual Job Fair dari perusahaan fintech yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dan global secara daring melalui laman www.fintechsummit.co.id. Beragam promosi hingga insentif untuk menggunakan fintech dari sekitar 70 penyelenggara juga turut ditawarkan kepada pengguna fintech di Indonesia.

error: Content is protected !!