6 Fitur Utama Yang Akan Hadir di Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1

wargasipil.com – NESABAMEDIA.COM – Chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 telah resmi keberadaanya, dan jika anda berkeinginan untuk memperbarui perangkat flagship yang anda miliki saat ini, maka anda akan menemukannya tahun depan, karena chipset ini akan menjadi chipset utama yang mentenagai banyak smartphone kelas atas.

Sebelumnya, nesabamedia.com telah mengupas mengenai chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini, mulai dari spesifikasi inti dan perangkat smartphone yang akan menggunakannya.

Setidaknya, akan ada enam fitur utama yang mungkin perlu anda ketahui, dan akan memberikan pandangan kepada anda mengenai apa yang bisa diharapkan dari smartphone flagship tahun depan yang akan datang, seperti Samsung Galaxy S22, OnePlus 10, Xiaomi 12 dan lainnya, yang disebutkan akan ditenagai oleh chipset baru itu.

Kamera Always-On

Ini mungkin menjadi perubahan besar yang menimbulkan perdebatan. Snapdragon 8 Gen 1 akan memungkinkan kamera smartphone anda untuk akan tetap menyala. Namun jangan khawatir, karena ini tidak akan terus-menerus menangkap foto, melainkan ditujukan untuk fitur atau aplikasi lain yang membutuhkan kamera tersebut.

Lalu apa keuntungannya? Ini akan memungkinkan pengembang untuk memasukkan fitur atau aplikasi khusus yang didesain untuk menggunakan kamera smartphone anda, tanpa anda harus membuka kamera atau menyentuh perangkat terlebih dahulu. Misalnya, Qualcomm telah memberikan demo di mana pengguna bisa membuka kunci smartphone tanpa harus menyentuh.

Masalah keamanan menjadi hal yang paling dikhawatirkan dalam hal ini, namun Qualcomm meyakinkan bahwa mereka telah menerapkan cara sangat aman, sehingga tidak ada siapapun yang bisa mengambil data anda.

Banyak Peningkatan Kamera

Selain kamera Always-On, ada banyak sekali peningkatan lainnya yang akan anda temukan pada kamera smartphone flagship tahun depan. Image Signal Processor (ISP) 18-bit, peningkatan mode malam untuk fotografi, menangkap foto sudut lebar yang lebih baik, teknologi pengenalan wajah yang lebih kuat, perekaman video HDR 8K dan lainnya.

Smartphone kamera saat ini sudah sangat fantastis, namun peningkatan ini akan menambahkan kekuatan kinerja, khususnya dalam hal menangkap foto ketimbang merombak seluruh pengalaman yang ada.

Menghilangkan Suara Latar Belakang Saat Menelepon

Teknologi Voice Suite Qualcomm telah ditingkatkan pada tahun 2021 ini, dan tujuannya adalah untuk menghilangkan suara bising di latar belakang ketika pengguna melakukan panggilan atau merekam suara. Sebelumnya fitur ini juga telah didemonstrasikan oleh Qualcomm, jadi akan sangat menarik melihat bagaimana fitur ini nantinya.

Internet 10Gbps

Ini memang mungkin belum akan dialami oleh semua pengguna, namun apabila anda memiliki jaringan 5G, maka anda akan merasakan kecepatan yang lebih cepat dari biasanya.

Tahun lalu, Snapdragon 888 hanya dibatasi hingga 7.5Gbps saja, namun itu sudah sangat cepat. Sedangkan Snapdragon 8 Gen 1 akan ditingkatkan batasannya hingga 10Gbps.

Video Bokeh

Efek bokeh adalah di mana ketika anda bisa menjadikan latar belakang dari sebuah objek menjadi blur atau samar, dan ini sudah menjadi fitur umum pada mode portrait di hampir semua perangkat smartphone Android. Jika anda menginginkan efek ini ada pada video yang anda rekam, maka nanti anda akan bisa mendapatkannya.

Fitur semacam ini sebelumnya telah hadir di iPhone 13, dengan nama Apple Cinematic Mode, dan kini akan hadir di Android lewat chipset baru Qualcomm tersebut. Sayangnya, tidak diketahui pabrikan mana yang akan menyediakan fitur video bokeh ini, namun sepertinya akan ada banyak smartphone Android yang menawarkan fitur tersebut.

Lebih Cepat Dari Sebelumnya

Seperti yang diharapkan, Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset paling cepat yang dimiliki Qualcomm, jadi itu artinya smartphone anda juga akan lebih cepat saat membuka aplikasi, bermain game atau aktivitas lainnya.

Qualcomm mengklaim akan ada peningkatan kecepatan hingga 20% dibandingkan dengan Snapdragon 888, dan juga lebih hemat daya 30%. GPU Adreno yang digunakan juga dikatakan 30% lebih cepat.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.