News  

Daftar Alat Rumah Sakit beserta Fungsinya

Daftar Alat Rumah Sakit beserta Fungsinya
Daftar Alat Rumah Sakit beserta Fungsinya

Pemakaian beragam alat kesehatan pada rumah sakit juga telah diatur di dalam Permenkes Nomor 1191 Th. 2010, UU 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, serta UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009. Fungsi utama dari peralatan kesehatan yang wajib tersedia di rumah sakit tidak lain untuk mencegah, mendiagnosis, memulihkan, dan juga membantu proses penyembuhan penyakit yang dialami pasien.

Mengetahui hal tersebut, kamu mungkin merasa penasaran alat medis apa saja yang wajib ada di rumah sakit dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang alat kesehatan rumah sakit yang sering dipakai berikut ini.

UV Sterilisator

Rumah sakit tentu tidak hanya melayani 1 atau 2 pasien saja. Setiap harinya, pasti ada pasien yang keluar masuk rumah sakit dengan keluhan penyakit dan masalah kesehatan yang berbeda-beda. Hal tersebut tentu membuat ruang pasien di rumah sakit perlu dijaga agar tetap steril dan terbebas dari risiko virus atau bakteri berbahaya.

Nah, untuk membantu proses sterilisasi ruangan di rumah sakit tersebut, khususnya di ruang ICU, ruang NICU, dan kamar operasi, UV sterilisator ini sering digunakan. Cara kerja dari alat ini terbilang simpel, yakni memanfaatkan sinar ultraviolet atau sinar UV. Namun, karena sinar tersebut dikenal membahayakan bagi manusia, pengoperasian UV sterilisator perlu dilakukan dari jarak jauh alias menggunakan remote control.

Lampu Periksa

Selanjutnya, alat medis yang wajib ada dan sering digunakan di rumah sakit adalah lampu periksa. Di dunia medis, terdapat cukup banyak jenis lampu yang umum digunakan. Terkait lampu periksa, alat medis tersebut didesain khusus agar mampu digunakan dengan lebih mudah untuk berbagai kebutuhan.

Sebagai contoh, fungsi dari lampu periksa ini adalah untuk membantu dokter mendapatkan penerangan yang cukup saat memeriksa kondisi fisik pasien. Biasanya, cahaya yang dipasang pada lampu periksa ini berjenis LED serta tak menimbulkan panas. Oleh karena itu, pasien tidak merasa terganggu saat menjalani proses pemeriksaan medis menggunakan alat tersebut.

Hematology Analyzer

Alat kesehatan rumah sakit lainnya yang sering digunakan saat pemeriksaan medis oleh dokter adalah hematology analyzer. Alat ini begitu penting sehingga wajib tersedia tidak hanya di rumah sakit, tapi juga klinik. Fungsi dari hematology analyzer adalah untuk menganalisis sel darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Dengan alat ini pula dokter bisa mengetahui jumlah serta kondisi sel darah pada pasiennya. Melalui informasi yang diberikan oleh alat diagnostik tersebut, dokter jadi lebih mudah memahami dan menarik kesimpulan terhadap jenis penyakit apa yang diderita pasiennya.

Pasien Monitor

Kebanyakan dari kamu tentu tidak asing dengan alat yang satu ini, bukan? Ya, pasien monitor merupakan alat rumah sakit yang umum diletakkan di sebelah tempat tidur pasien, khususnya di ruang perawatan atau ruang ICU. Fungsi dari alat ini adalah untuk memantau kondisi pasien secara intensif yang sedang berada di dalam kondisi labil atau tak menentu.

Tampilan pada monitor ini pun diberikan secara real-time atau tanpa jeda. Parameter yang dapat diamati pada alat rumah sakit ini meliputi suhu tubuh, kadar oksigen di dalam darah, sampai irama jantung. Dengan begitu, jika diketahui ada parameter yang tidak normal atau dalam keadaan gawat, dokter atau tenaga medis lainnya bisa melakukan penanganan yang diperlukan dengan segera.

Baca Juga : alat kedokteran

Mesin Anestesi

Berbeda dengan pasien monitor, masyarakat awam mungkin kebanyakan masih belum mengenal alat kesehatan rumah sakit yang satu ini. Namun, jika sudah cukup lama berkecimpung di dunia medis, kamu pasti sudah tak asing dengan alat medis bernama mesin anestesi. Sesuai namanya, mesin tersebut berguna untuk memberikan obat medis berupa anestesi yang mampu menghilangkan kesadaran pasien saat akan melakukan prosedur medis tertentu. Sebagai contoh, operasi pembedahan atau sebagainya.

Mesin anestesi sendiri adalah gabungan dari berbagai macam alat medis lainnya yang amat penting dan bermanfaat dalam proses pembiusan terhadap pasien. Oleh karena itu, alat ini tergolong wajib dimiliki oleh rumah sakit dan cukup sering digunakan untuk menangani kondisi medis pasien.

USG

Ultrasonografi, biasa disingkat dengan USG, adalah alat kesehatan canggih yang mampu mencitrakan organ dari tubuh manusia. Karena fungsinya tersebut, alat ini tergolong sering digunakan di rumah sakit guna memeriksa kondisi tubuh pasien dan mencari tahu penyakit apa yang mungkin menjangkitinya. Umumnya, mesin ini digunakan untuk mengetahui kondisi dari organ vital manusia. Seperti, ginjal, usus, lambung, liver, dan lain sebagainya.