Mengapa Makeup Dapat Membuat Kulit Terlihat Lebih Mulus?

wargasipil.com – Wajah dengan makeup selalu dipandang lebih menarik dibanding wajah “polos.” Tak heran, banyak orang memakainya, terutama perempuan.

Namun, sebenarnya apa yang menyebabkan makeup membuat wajah seseorang terlihat lebih baik dan menarik?

Dikutip dari Psychology Today, pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan mengetahui salah satu tujuan umum pemakaian makeup, yaitu membuat wajah terlihat lebih mulus, yang merupakan tujuan pemakaian produk makeup “complexion-oriented,” seperti foundation and concealer.

Didasari tujuan makeup tersebut, tim peneliti yang menerbitkan studi berjudul Cosmetics increase skin evenness: Evidence from perceptual and physical measures berhasil membuktikan bahwa kulit memang terlihat lebih homogen jika dilapisi dengan makeup.

Studi yang mengusung pengukuran fisik sebagai metode penelitiannya itu juga menemukan bahwa kosmetik dapat memengaruhi kemulusan kulit.

Sebab, partisipan studi yang memakai makeup dinilai memiliki kulit lebih mulus dibanding mereka yang tidak menggunakannya.

Namun menariknya, rupanya ada faktor lain yang membuat makeup dapat membuat kulit terlihat lebih mulus yang tak dapat diukur secara fisik saja.

Dalam penelitian bertajuk “ Makeup applied to facial features increases perceived skin evenness” yang diterbitkan di jurnal ilmiah Vision Research, ditemukan bahwa makeup dapat membuat wajah terlihat lebih mulus dengan cara meningkatkan kontras antara kulit dan fitur wajah lainnya.

Temuan tersebut didapatkan setelah tim peneliti melakukan dua studi di mana para partisipan menilai penampilan kulit pada wajah dengan atau tanpa makeup.

Studi pertama menggunakan makeup digital, sementara studi kedua menggunakan produk kosmetik asli yang diaplikasikan oleh makeup artist profesional.

Untuk lebih jelasnya, wajah dengan kosmetik dirias dengan makeup di area bibir, mata, dan alis, namun tak ada produk apapun yang diaplikasikan ke kulit.

Artinya, kedua kondisi kulit yang dibandingkan tetap polos, dan perbedaan hanya terletak pada makeup di fitur wajah lainnya.

Hasilnya, para partisipan menilai bahwa kulit akan terlihat lebih mulus saat makeup diaplikasikan ke alis, mata, dan bibir, baik secara digital maupun nyata.

Temuan tersebut menyimpulkan bahwa produk kosmetik non complexion oriented seperti lipstik dan maskara yang diaplikasikan ke fitur wajah lain juga dapat membuat kulit terlihat lebih mulus.

Selain itu, para peneliti pun meyakini bahwa “cacat” seperti bintik hitam dan kerutan dapat ditutupi dengan peningkatan kontras wajah dari kosmetik.

Intinya, dapat disimpulkan bahwa makeup dapat membuat wajah terlihat lebih mulus bukan hanya dengan mengaplikasikannya saja, tapi juga karena makeup dapat mengubah penampilan kulit.