GenPI.co Banten – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Serang melaksanakan antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di lapak penjualan hewan kurban, Senin (4/7).

Berdasarkan hasil pemeriksaan Medika Veteriner DKPPP Kota Serang Dr Ratna Suryaningrum mengungkapkan, dua ekor domba sakit mata, namun sudah mendapat penanganan.

“Di lapak pak Dadang hanya ada 2 ekor hewan kurban kambing yang sakit mata tapi tidak berbahaya, dengan diobati tetes mata nanti bisa sembuh,” kata Ratna, dikutip dari Antara, Senin.

BACA JUGA:  Gaji Guru Honorer Rendah, HMI MPO Geruduk Dindikbud Kota Serang

Menurut Ratna, setelah diperiksa lebih jauh, tidak ditemukan gejala PMK pada hewan untuk Idul Adha. Semua hewan yang dinyatakan sehat, kata Ratna, akan diberikan stiker.

“Dari kambing 150 ekor, kerbau 22 ekor, dan sapi 60 ekor, hanya 2 ekor kambing yang sedang sakit mata,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Tegas! Pertamina Beri Sanksi SPBU Curang di Kabupaten Serang

Sebeumnya, pihaknya telah menemukan enam ekor ternak suspek PMK di peternakan Kalanganyar, Taktakan, Serang.

“Tim kesehatan hewan DKPPP Kota Serang bersama Tim Balai Penguji Veteriner Banten serta Balai Veteriner Subang melakukan pengambilan sample untuk mengetahui diagnosa PMK atau sakit biasa,” katanya.

BACA JUGA:  Polres Serang Ciduk Karyawan Pengguna Narkoba, Ingin Kuat Bekerja

Menurut dia, hari ini akan diuji dan mudah-mudahan hasilnya keluar satu minggu. Dia menyatakan, timnya akan memantau sapi yang suspek PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari banten.genpi.co.