Sri Mulyani Kenang JB Kristiadi: Pak Kris Teman yang Loyal

Sri Mulyani Kenang JB Kristiadi: Pak Kris Teman yang Loyal

wargasipil.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan JB Kristiadi. Melalui akun Instagram resmi miliknya @smindrawati, Sri Mulyani menyampaikan kenangannya tentang JB Kristiadi.

Menurutnya JB Kristiadi seorang sahabat, senior, sekaligus mentor

“Saya kehilangan seorang sahabat dan sekaligus mentor yaitu Prof JB Kristiadi. Beliau meninggal dunia pagi ini. Pak Kris menjabat sebagai Sekretaris Jendral Kementrian Keuangan pada saat saya diangkat pertama kali menjadi Menteri Keuangan bulan Desember 2005. Beliau sudah mendekati masa pensiun, sedangkan saya justru harus mulai memimpin Kemenkeu sebagai Menteri Keuangan,” ujar Sri Mulyani dikutip dari Instagram @smindrawati, Selasa (21/2/2023).

“Banyak hal mengenai seluk beluk birokrasi dan organisasi Kemenkeu yang beliau ajarkan,” sambung Sri Mulyani lagi.

Berikut petikan kenangan Sri Mulyani tentang seorang JB Kristiadi:

Pak Kris sangat senior dan memiliki pengalaman panjang dalam karier di Kemenkeu – namun beliau tetap santun, respek dan sangat supportive mendukung saya yang masih relatif sangat muda (perbedaan usia saya dan pak Kris sekitar 15 tahun..!) dan merupakan Menteri Keuangan Perempuan pertama.

Pak Kris adalah teman yang loyal dan selalu dapat diandalkan dan dipercaya – sebuah kualitas dan karakter pejabat yang langka pada saat saya mengawali karier sebagai Menteri Keuangan. Dengan pak Kris dan tim reformasi Kemenkeu – kami memulai program reformasi dan perubahan radikal dan fundamental di Kementrian Keuangan sehingga menjadi Kementrian yang kredibel, baik dan terpercaya dan banyak meraih prestasi.

Kiprah dan kontribusi Beliau begitu banyak. Malang melintang di dunia birokrasi Indonesia tidak hanya untuk Kementerian Keuangan. Beliau telah mengemban jabatan strategis sejak 1980, diantaranya sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Staf Khusus Menkeu, Ketua LAN, dan Deputi di Kemenpan.

Sosok Prof. Kristiadi juga dikenal sebagai tokoh reformasi. Beliau adalah Sekretaris Tim Prakarsa Reformasi Pajak dan Bea Cukai, Wakil Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional, dan Ketua Tim Panel Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik hingga 2023.

Jasa dan kebaikanmu merupakan hadiah bagi Kemenkeu dan Indonesia. Terimakasih secara tulus kami sampaikan.

Doa terbaik dari kami keluarga @kemenkeuri untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran dan ketabahan.

Selamat jalan Pak Kris…saya dan seluruh Kemenkeu serta Indonesia kehilangan sosok yang baik dan selalu dapat diandalkan.