PSLS dampingi PSIS ke 8 Besar

PSLS Lhokseumawe berhasil mengandaskan perlawanan sengit KS Tiga Naga Riau 2-1 dalam lanjutan Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto U-16 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (21/7).

Sebelum laga, Tiga Naga masih berpeluang maju ke babak selanjutnya. Asa klub asal Riau sempat merebak sesaat. Di menit ke-48, winger Rafki menyisir masuk kotak penalti di sisi kiri belakang pertahanan PSLS. Akselerasinya dijegal bek Risky Ananda.

Wasit meniup peluit, menunjuk titik putih. Wahyu Mulya Pratama maju sebagai eksekutor dan menyarangkan bola ke sudut kanan gawang Muhammad Faizar. Gol tercipta, 1-0 Tiga Naga unggul sementara.

Tapi, keunggulan itu bertahan 14 menit saja. Berawal dari tendangan bebas di sekitar area tengah lapangan, kapten kesebelasan PSLS Muhammad Raju melambungkan bola ke dalam kotak penalti lawan. Terjadi kemelut, yang dimanfaatkan Muhammad Darman lewat sepakan keras silang ke sudut kanan atas gawang Tiga Naga. Kedudukan imbang 1-1, pertandingan semakin menarik disiarkan Garuda TV.  

Gol itu sempat diprotes kiper Braja Musti dkk dari Tiga Naga yang menganggap Darman berada dalam posisi offside. Namun, wasit bergeming dengan keputusannya sebab dalam tayang ulang jelas terlihat masih ada bek yang berdiri di belakang si pencetak gol saat menendang bola.  

Sampai kemudian sepak pojok PSLS di menit ke-70, bola mengarah ke tiang jauh. Nomor 10 Muhammad Faizan berada di saat dan tempat yang tepat, dengan refleks dia mencetak gol dari jarak dekat. Berbalik unggul 2-1, PSLS berkostum oranye-putih mengunci laga hingga peluit panjang berbunyi.

Finis sebagai runner-up di klasemen akhir, hasil ini membawa PSLS mengiringi PSIS Semarang yang menjadi juara grup A. PSIS dan PSLS pun menyegel jatah ke perempatfinal Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto U-16.

Laga lainnya di grup A juga telah dimainkan di waktu bersamaan. PSIS versus Bogor Junior Academy berkesudahan 1-0 di Nusantara Polo Club Field.

Sementara di grup B, PSS Sleman menundukkan PSM Makassar 1-0 dalam laga yang tidak menentukan lagi. Kedua tim sudah memastikan tempatnya ke 8 Besar, menyisihkan dua tim penggembira, PSA Ambon dan Asifa. Sementara saling bentrok PSA Ambon lawan Asifa berakhir 1-2.

Empat tim yang diketahui lolos ke 8 Besar masing-masing PSIS dan PSLS dari grup A serta PSS dan PSM di grup B.

Nusantara Open 2022 memberi total hadiah Rp120 juta diperebutkan 16 klub U-16. Selain itu, 30 pemain terbaik akan diseleksi untuk dibina serta menerima beasiswa dari Akademi Nusantara.

Klasemen akhir Grup A
PSIS Semarang 3 2 1 0 5-1 7
PSLS Lhokseumawe 3 2 1 0 6-3 7
KS Tiga Naga 3 1 0 2 3-6 3  
Bogor Junior Academy 3 0 0 3 2-6 0

Klasemen akhir Grup B
PSS Sleman 3 3 0 0 6-1 9
PSM Makassar 3 2 0 1 4-3 6
Asifa 3 1 0 2 4-7 3
PSA Ambon 3 0 0 3 2-5 0

Jadwal pertandingan, Jumat (22/7):
Pukul 07:00 WIB
Persib Bandung – Persipura Jayapura
(Nusantara Polo Club Field, Bogor)

Garuda Nusantara – ASIOP
(Stadion Pakansari, Bogor)

Pukul 09:00 WIB
Borneo FC – Persija Jakarta
(Nusantara Polo Club Field, Bogor)

Maluku Utara Selection – Bintang Timur Atambua
(Stadion Pakansari, Bogor)

 


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.