OJK Catat 57 Perusahaan Antre untuk Melantai di BEI

OJK Catat 57 Perusahaan Antre untuk Melantai di BEI

wargasipil.com – Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) menyatakan, minat penghimpunan dana melalui pasar modal masih tinggi. Ini tercermin dari banyaknya perusahaan yang berada di pipeline untuk melakukan penawaran saham perdana atau IPO .

Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK Inarno Djajadi mengatakan, sampai dengan akhir November lalu terdapat 91 rencana penawaran umum di Bursa Efek Indonesia. Total nilai dari rencana penawaran ini mencapai Rp 96,29 triliun.

Dari seluruh rencana penawaran umum tersebut, 57 di antaranya merupakan perusahaan yang antre untuk melantai di bursa efek. Adapun total nilai dari rencana IPO itu sebesar Rp 52,08 triliun.

“Minat untuk penghimpunan dana di pasar modal masih terjaga tinggi,” kata dia, dalam konferensi pers, dikutip Rabu (7/12/2022).

Selain IPO, juga terdapat 17 rencana penawaran umum terbatas (PUT) dengan nilai mencapai Rp 30,06 triliun. Kemudian, terdapat 8 rencana penawaran umum efek bersifat utang dan/atau sukuk (EBUS) dengan nilai sebesar Rp 7,71 triliun, serta 9 penawaran umum berkelanjutan EBUS (PUB EBUS) tahap I, II, dan seterusnya senilai Rp 6,45 triliun.

Adapun sampai dengan 30 November lalu, OJK mencatat realisasi penghimpunan dana melalui pasar modal telah mencapai Rp 226,49 triliun. Tercatat sejak awal tahun telah terdapat 56 aksi IPO dengan nilai sebesar Rp 31,97 triliun.

Lalu, terdapat 35 aksi PUT dengan nilai Rp 44,05 triliun, 18 EBUS senilai Rp 29,43 triliun, dan 99 PUB EBUS Tahap I, II, dan seterusnya senilai Rp 121,05 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.