Al Quran Dibakar Lagi di Swedia, Pelakunya Wanita Keturunan Iran

Al Quran Dibakar Lagi di Swedia, Pelakunya Wanita Keturunan Iran

Al Quran Dibakar Lagi di Swedia, Pelakunya Wanita Keturunan Iran

Warga Sipil – Insiden pembakaran Al-Quran kembali terjadi di Stockholm, Swedia . Aksi itu dilakukan oleh seorang perempuan keturunan Iran bernama Bayrami Marja.

Insiden tersebut terjadi di Pantai Angbybadet, Bromma pada Jumat, 4 Agustus 2023. Adapun alasan wanita berusia 47 tahun itu nekat membakar Al Quran sebagai bentuk protesnya.

Dilansir dari Anadolu, aksi nekat Marja ini terjadi di tengah maraknya aksi pembakaran kitab-kitab suci di Swedia dan Denmark.

ADVERTISEMENT

Tindakan provokatif tersebut juga dilakukan di bebragai lokasi, termasuk di depan masjid, gedung parlemen, atau gedung kedutaan negara-negara mayoritas berpenduduk Muslim.

Negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim mengutuk aksi pembakaran Al Quran . Misalnya, Arab Saudi dan Turki yang mendesak Pemerintah Swedia serta Denmark untuk melakukan aksi nyata guna mencegah pembakaran Al Quran dan kitab suci agama lainnya.

Kendati demikian, kedua negara itu hingga kini belum memberikan respons. Pasalnya, Swedia dan Denmark diketahui memiliki Undang-Undang Kebebasan Berekspresi sehingga aksi membakar kitab suci dianggap tidak melanggar hukum.

Meski begitu, Swedia berupaya mencari cara agar polisi mendapat wewenang untuk melarang aksi pembakaran Al Quran dan kitab suci lainnya.Hal tersebut disebabkan atas kekhawatiran yang mendalam di Swedia terhadap meningkatnya insiden pembakaran Al-Quran, karena dinilai berpotensi memicu ancaman serius terhadap keamanan nasional, termasuk potensi aksi terorisme.Pemerintah Stockholm pun meminta seluruh lembaga keamanan negara untuk bersiap menghadapi segala ancaman yang mungkin muncul akibat dari aksi tersebut.***