Lima Curug di Gunung Bunder Bogor: Harga Tiket, Daya Tarik dan Lokasi

Lima Curug di Gunung Bunder Bogor: Harga Tiket, Daya Tarik dan Lokasi

WargaSipil.com – Gunung Bunder merupakan tempat wisata yang berada di daerah Bogor Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 750 mdpl-1.050 mdpl. Kawasan Gunung Bunder ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Kabupaten Bogor.

Tempat ini didominasi oleh pepohonan pinus yang rindang dan juga terdapat beberapa air terjun atau biasa dikenal dengan sebutan curug. Daya tarik itu membuat kawasan yang hijau dan adem ini dimanfaatkan sebagai lahan liburan keluarga dan juga sekolah. Bisa untuk berkemah, outbond, atau sekedar bermain air di kisaran curug.

Yuk simak rekomendasi curug di Gunung Bunder Bogor, wajib banget untuk anda kunjungi.

1. Curug Pangeran

Curug Pangeran (Instagram hadjukemal)

Salah satu curug di Gunung Bunder yang wajib untuk anda kunjungi adalah Curug Pangeran. Curug ini terletak diantara Curug Ngumpet dan Curug Kondang. Untuk menuju ke curug yang satu ini, dapat memakan waktu kurang dari 20 menit dengan jarak sekitar 500 meter dari tempat parkir kendaraan anda.

Perjalanan menuju curug di Gunung Bunder terbilang sudah sangat nyaman. Sebab jalan bebatuan alami sangat rapi dan tertata. Cocok juga untuk para tracking pemula.

Bagi yang ingin bermalam di area Curug Pangeran, anda tidak perlu khawatir. Di kisaran tempat ini terdapat penginapan, camping ground, dan juga penyewaan tenda. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan bervariasi.

Alamat: Pasar Leunyit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Kamis 07.30 WIB – 16.30 WIB
Jumat – Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp. 10.000/Orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp. 10.000/Orang

 

2. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet. (Instagram curugngumpetgse)

Curug lain yang berada di kawasan Gunung Bunder adalah Curug Ngumpet. Seperti namanya, curug ini terletak di lokasi yang tersembunyi berada di tebing-tebing pegunungan. Tepat di kaki Gunung Salak.

Walaupun lokasi curugnya tersembunyi, akses untuk ke curug di Gnung Bunder ini terbilang sangat mudah dan memadai. Seperti curug lainnya, tempat ini hanya bisa dilalui untuk pejalan kaki dan lokasinya sangat dekat dengan parkiran kendaraan.

Tracking di Curug Ngumpet ini sangat nyaman dan rapi. Ditambah pagar-pagar besi pembatas di sepanjang jalur menuju ke curug. Curug ini diklaim memiliki debit air yang sangat deras, itulah kenapa di curug ini dilarang untuk berenang pada bagian tertentu.

Alamat: Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam Operasional:

 

Hari Jam
Senin – Minggu 07.00 WIB – 16.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp. 10.000
Anak-anak (weekend & weekday) Rp. 10.000

 

3. Curug Batu Ngampar

Curug Batu Ampar. (Instagram kurn14wan)

Curug Batu Ngampar atau biasa disebut Batu Ampar merupakan curug di Gunung Bunder yang berlokasi di tebing-tebing batu. Di sana, ada jajaran batu yang rendah. Keunikan iitu menjadi daya tarik utama pada Curug Batu Ngampar.

Perjalanan menuju curug dari lokasi parkir kendaraan terbilang sangat dekat. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit dengan berjalan kaki.

Keunikan dari Curug Batu Ngampar ini adalah sungai kecil dengan bebatuan alami yang dapat anda sebrangi untuk menuju lokasi air terjun.

Alamat: Jalan Gunung Bunder, Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 07.00 WIB – 16.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp. 10.000
Anak-anak (weekend & weekday) Rp. 10.000

 

4. Curug Luhur

Curug Luhur. (Instagram curug_luhur)

Curug di Gunung Bunder berikutnya yaitu Curug Luhur. Daya tarik dari curug ini terdapat pada fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Walaupun begitu, curug di Gunung Bunder ini masih didominasi dengan pepohonan yang asri karena berada lokasi pengunungan.

Curug ini memiliki ketinggian 624 meter dan mempunyai dua air terjun yang posisinya sejajar. Dengan debit arus air yang kuat dan cukup berbahaya jika berenang di titik tengah curug.

Di sini terdapat fasilitas seperti kolam renang yang berlokasi sebelum arah Curug Luhur. Ada kolam renang untuk dewasa dan juga anak-anak, serta dilengkapi oleh wahana waterboom.

Alamat: Jalan Hegarmanah, Pamijahan, Tapos 1, Tenjolaya, Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WIB – 18.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp. 45.000/orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp. 45.000/orang

 

5. Curug Seribu

Curug Seribu. (Instagram curugseribu_admin)

Berikutnya curug yang cukup dikenal oleh para pengunjung adalah Curug Seribu. Daya tarik dari Curug Seribu terdapat pada ketinggian lokasi ini. Curug Seribu memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter yang membuat curug ini lebih populer daripada curug-curug di Gunung Bunder lainnya.

Mulai dari curug yang tinggi hingga jalur tracking yang terbilang cukup terjal, membuat Curug Seribu ini menjadi tempat yang sering dikunjungi dan terkenal di Gunung Bunder.

Alamat: Gunung Sari,  Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WIB – 18.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp. 10.000
Anak-anak (weekend & weekday) Rp. 10.000

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”