Sedang Disiapkan Google, Emoji di Android Bakal Lebih Seru

Sedang Disiapkan Google, Emoji di Android Bakal Lebih Seru

WargaSipil.com – Google sedang mengerjakan emoji generasi berikutnya, yang tersedia secara gratis berkat proyek Noto Emoji-nya. Pertama, ada 31 emoji baru untuk mengejar Unicode 15.0 (total 3.664), yang semuanya akan segera tersedia di Android dan proyek Google lainnya awal tahun depan.

Salah satu peningkatan terbesar adalah dukungan untuk animasi. Informasi ini dibagikan Google di bloh resmi mereka dam Anda juga dapat melihat semua animasi yang saat ini tersedia dan diunduh sebagai GIF dan file video dan Anda dapat menggunakannya saat ini.

“Seiring popularitas emoji yang meningkat dan cara penggunaannya, proyek Noto Emoji telah meningkatkan permainan emoji kami untuk membantu semua orang mendapatkannya tanpa harus membeli perangkat baru,” jelas pihak Google dikutip dari blog resminya.

Bukan itu saja, Google juga mengumumkan bahwa mereka kini beralih ke format font baru yang disebut COLRv1. Secara sederhana, ini adalah gambar vektor sehingga dibuat untuk file font yang lebih kecil (misalnya set ikon “Twemoji” Twitter turun dari 9 MB menjadi 1,85 MB).

Kendati size atau ukurannya diturunkan secara drastis, Google menjanjikan emoji ini akan tetap berkualitas baik. Emoji baru ini akan tetap tajam bahkan ketika dizoom atau diperbesar.

Dijelaskan Google, emoji COLRv1 dapat menggunakan gradien halus dan warnanya dapat disesuaikan untuk boot. Saat ini warna hanya dapat dimodifikasi oleh aplikasi atau browser.

Untuk aplikasi lainnya, Google menyebut ini adalah cara sederhana bagi aplikasi untuk membawa beberapa pewarnaan merek ke emoji dan dapat digunakan untuk, katakanlah, emoji mode malam yang cepat dan mudah.

Salah satu batasan penting dari teknologi saat ini adalah Anda tidak dapat mengirim emoji dengan warna khusus. Tenang, Google juga punya solusi untuk masalah ini.

Sebagai solusi sementara, Anda dapat menggunakan fitur Dapur Emoji di papan ketik Gboard dan membuat stiker emoji khusus yang dapat Anda kirim sebagai gantinya.

“Emoji telah lama berinovasi dari awal muka kehadirannya yang sederhana dalam pesan teks sms di tahun 1990-an. Hari ini, mereka muncul di tempat-tempat yang tidak pernah Anda duga seperti kios pembayaran mandiri, layar televisi dan ya, bahkan lemari es,” lanjut Google.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”