Lebih Fun, Durasi Fitur Instagram Stories Bakal Lebih Panjang

Lebih Fun, Durasi Fitur Instagram Stories Bakal Lebih Panjang

WargaSipil.com – Instagram, jaringan media sosial populer untuk berbagi foto, baru-baru ini dilaporkan membuat perubahan yang signifikan dengan fitur Stories-nya. Menurut pengumuman perusahaan, fitur Stories yang semula hanya berdurasi 15 detik sekarang akan diperpanjang menjadi 60 detik.

Dengan ekspansi durasi ini jelas akan membuat Stories Instagram jadi lebih fun. Bagi para kreator konten, hal ini juga memungkinkan mereka berkreasi lebih tanpa perlu membuat Stories yang terlalu banyak dan menyesakkan.

Dilansir dari TechCrunch, Rabu (28/9), dalam sebuah pernyataan, juru bicara Meta mengindikasikan bahwa mereka sedang mengerjakan metode untuk meningkatkan pengalaman Instagram Stories. Menurut juru bicara Meta, pengguna dapat memutar video Stories sekarang hingga 60 detik, bukan hanya cuplikan 15 detik.

Pengguna setia Stories Instagram sendiri telah sangat menanti perubahan waktu Stories ini selama beberapa waktu. Pasalnya, batasan 15 detik menghasilkan lusinan Stories setiap hari, terutama oleh pemengaruh media sosial. Pemirsa, di sisi lain, sering dipaksa untuk pindah ke Stories berikutnya yang jumlahnya banyak.

Fitur ini kemungkinan akan menjadi hal baru yang bagus untuk komunitas Instagram, baik di antara pembuat konten maupun pengguna. Pertama, akan dapat menerbitkan cerita yang tidak mendapat gangguan setiap 15 detik.

Kedua, tidak lagi harus menyentuh terus-menerus untuk melihat video panjang yang mungkin sebenarnya tidak ingin mereka lihat. Selain Stories yang dipanjangkan, Instagram baru-baru ini juga membuat modifikasi signifikan pada fitur video lainnya.

Misalnya, pembatasan video Reels dari 60 detik menjadi 90 detik. Selain itu, pengguna dapat mengonversi video berdurasi kurang dari 15 menit secara otomatis ke Reels.

Sebagaimana diketahui juga, ubahan-ubahan signifikan pada fitur video Instagram belakangan ini merupakan bentuk kompetisi mereka mengejar ketertinggalannya dari TikTok. Selama beberapa tahun belakangan, TikTok menjadi media sosial yang paling populer di dunia dan bahkan mengalahkan Instagram.

TikTok sendiri memang berspesialisasi di platform berbasis video pendek. Tak heran bila Instagram akhirnya ikut-ikutan merilis fitur video pendek mirip TikTok di platformnya misalnya Reels, atau sekarang Stories yang durasi waktunya dipanjangkan.

Untuk menyaingi TikTok, Instagram meluncurkan fitur Instagram Reels pada 2020 lalu. Meski sudah memiliki fitur serupa TikTok, Instagram tampaknya masih kepayahan alias kesulitan untuk mengejar popularitas TikTok.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”