Galaxy Buds 2 Pro Makin Canggih, Fitur ANC dan 24 Bit Hifi Mumpuni

Galaxy Buds 2 Pro Makin Canggih, Fitur ANC dan 24 Bit Hifi Mumpuni

WargaSipil.com – Seperti tahun lalu, berbarengan dengan hadirnya dua model anyar ponsel lipat Samsung generasi terbaru yakni Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, Samsung turut menghadirkan perangkat lainnya yakni earphone True Wireless Stereo (TWS). Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy Buds 2 Pro.

Perangkat Galaxy Buds 2 Pro merupakan penerus dari Galaxy Buds Pro yang diluncurkan awal tahun lalu. Dibandingkan pendahulunya, Galaxy Buds 2 Pro diklaim hadir dengan sejumlah peningkatan. Simak ulasannya.

Tinggal Pakai

Galaxy Buds 2 Pro masih sama seperti para pendahulunya yang disajikan ke konsumen dengan paket penjualan komplet. Siap pakai. Tinggal colok ke telinga dan dipakai buat berbagai kebutuhan.

Kemasan penjualan Galaxy Buds 2 Pro berwarna hitam. Tampil ringkas dengan kemasan tak terlalu tebal, pada bagian depan terdapat tampilan Galaxy Buds 2 Pro dan identitas penjualan juga informasi ringkas lainnya mengenai perangkat ini.

Di bagian lain kotak penjualan, ada kotak lagi yang berisi buku aksesori kabel daya untuk fungsi pengecasan perangkat ini yang sudah Type-C. Selain kabel daya, di kotak tersebut juga berisi aksesori karet pelapis atau buds cadangan yang bisa mengganti atau untuk menyesuaikan lubang telinga pemiliknya dan juga booklet berisi panduan manual dan kartu garansi.

Desain Cangkang Sama, Dalam Berubah

Earphone TWS terbaru Samsung ini hadir dalam varian warna yang disebut Graphite, White, dan Bora Purple. Untuk harganya, Galaxy Buds 2 Pro di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp 2,7 jutaan.

Melihat harganya yang masih beda tipis jika dibandingkan dengan model-model sebelumnya, Galaxy Buds 2 Pro ini secara desain khususnya casing atau cangkang ini masih sama. Gitu-gitu saja, ringkas, serupa kotak make-up kecil yang biasa ada di tas-tas kaum hawa.

Cangkang yang juga berfungsi sebagai dock pengecasan perangkat setiap buds ini membawa faktor bentuk serupa kotak make-up dengan sisi-sisi agak membulat. Kami sebetulnya suka dengan bentuk demikian, ringkas, nggak neko-neko, low profile namun fungsional. Tapi kalau nggak ada perubahan rasanya bosan juga.

Kendati dari segi cangkang terasa nggak ada bedanya dengan perangkat terdahulu misalnya Galaxy Buds 2 biasa, di bagian dalam lumayan terasa ubahannya.

Dari segi desain bagian buds-nya, Galaxy Buds 2 Pro memiliki desain baru yang lebih compact dan ergonomis mampu mengurangi ukuran Galaxy Buds2 Pro hingga 15 persen, ditambah dengan bentuknya yang aman dan pas di telinga yang dirancang agar tidak mudah terlepas saat dipakai beraktivitas luar ruang yang penuh goncangan.

Galaxy Buds 2 Pro ini jika dilihat-lihat dengan saksama tampak lebih kecil dari Buds Pro sebelumnya. Di perangkat buds-nya ini, Samsung juga tampak telah memperbesar kisi-kisi ventilasi yang memungkinkan aliran udara tambahan masuk ke telinga agar lebih nyaman digunakan dalam waktu lama.

Dan terasa. Kalau casing-nya tampak nggak ada ubahan dan gitu-gitu saja, bagian buds-nya lumayan ada ubahan yang cukup bisa dirasakan pengguna.

Galaxy Buds 2 Pro saat dikenakan. Lumayan nyaman, tak membuat telinga pegal. (Rian Alfianto/WargaSipil.com)

Spesifikasi dan Fitur

Untuk spesifikasinya, Galaxy Buds 2 Pro juga hadir dengan baterai yang ditingkatkan. Kini, daya tahan baterai pada setiap perangkat buds berada di angka 61 mAh. Dengan ukuran segitu, berdasarkan pengalaman kami, buds ini bisa dipakai hingga lima jam (jika ANC aktif) atau delapan jam jika menonakifkan ANC.

Kalau habis tinggal masukkan ke cangkangnya. Di casingnya ini, tersedia tambahan daya baterai sebesar 515 mAh. Sehingga secara total, pengguna bisa mendapatkan total 20 jam (ANC diaktifkan) atau 29 jam jika tetap menonaktifkannya.

Untuk ketahanan lainnya, Samsung Galaxy Buds 2 Pro juga sudah mendapatkan sertifikasi IPX7. Sertifikasi demikian berarti perangkat buds ini bisa digunakan untuk ketahanan air dan keringat. Jadi jangan khawatir saat mau diajak berolahraga dalam atau luar ruangan.

Dari segi fitur, Samsung Galaxy Buds 2 Pro saat ini punya teknologi Hifi 24 bit Audio yang menawarkan high-dynamic range yang membuat pengguna lebih terhubung dengan konten yang didengar.

Dukungan 24-bit sendiri akan bervariasi bergantung pada konten yang diputar. Seperti diketahui, Spotify masih belum mendukung format audio 24 bit. Audio 24 bit mampu memberikan resolusi suara yang jauh lebih tinggi ketimbang audio 16 bit yang digunakan pada CD.

Selain itu, Codec terbaru Samsung yang seamless (SSC Hifi) juga memungkinkan transfer musik berkualitas tinggi tanpa jeda, dan coaxial 2-way speaker terkini membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih kaya dari sebelumnya.

Kemudian, pengguna juga bisa menerima panggilan di luar ruangan dengan nyaman berkat ANC atau Active Noise Cancelation yang powerful untuk menghilangkan kebisingan. Galaxy Buds 2 Pro pun memungkinkan pengguna masuk ke dunianya sendiri dan tetap terhubung dengan kesehariannya.

Untuk menjawab panggilan telepon yang penting saat main game atau menonton film di tablet, Galaxy Buds 2 Pro memungkinkankamu mengalihkan koneksi audio ke smartphone secara seamless hanya dengan sentuhan jari. Pasalnya, Galaxy Buds2 Pro kini dibekali fitur Auto Switch.

Galaxy Buds 2 Pro juga dapat secara otomatis beralih ke sejumlah perangkat Samsung walaupun belum mendukung fungsi multipoint sehingga pengguna tidak bisa memasangkannya ke dua perangkat secara bersamaan.

Untuk menambal kekurangan tersebut Galaxy Buds 2 Pro telah mendukung format audio 24-bit. Untuk bisa menikmati audio hi-fi ini pengguna memerlukan ponsel Samsung yang menjalankan One UI 4.0 atau di atasnya.

Pada Galaxy Buds 2 Pro ada juga fitur audio 360 derajat yang diklaim bisa memberikan pengalaman audio yang lebih imersif dan realistis, dan juga dilengkapi teknologi Dolby Head Tracking untuk memberikan pengalaman suara yang sinematis.

Saat Digunakan

Dengan spesifikasi dan fitur yang kami jabarkan di atas, bagaimana pengalaman saat menggunakan perangkat ini? Buat penggunaan lama, buds ini nyaman. Improvement pada bagian buds yang lebih kecil membuat perangkat ini jadi tidak terlalu terasa mengganjal di telinga. Buntutnya, jadi lebih nyaman.

Baterainya juga kuat, buat yang suka main game lama-lama, atau teman perjalanan saat menggunakan moda transportasi umum, Galaxy Buds 2 Pro lumayan bisa diandalkan. Buds 2 Pro seperti biasa mudah di-pairing atau disandingkan dengan perangkat smartphone atau perangkat lainnya seperti tablet atau laptop.

Dan, yang paling terasa adalah ANC-nya. Saat dipakai, suasana langsung terasa hening. Fokus pada audio yang ingin didengarkan saja. Eits, tapi jangan khawatir. Fitur ANC ini juga sudah dilengkapi Voice Detect yang bakal menyesuaikan suara musik yang sedang diputar ketika mendeteksi penggunanya sedang berbicara dengan orang lain.

Lalu Ambient Mode pun akan otomatis diaktifkan agar penggunanya bisa mendengar suara dari lawan bicaranya. Jadi tidak akan membahayakan pengguna saat sedang berada di jalan, lingkungan ramai atau saat sedang berada di circle pertemanan.

Kemudian, yang juga terasa peningkatannya adalahb24 Bit Hifi. Menggunakan driver berukuran 10 mm yang dipakai di Galaxy Buds 2 Pro bakal mendapat suplai audio dengan bitrate tinggi dengan dukungan 24 bit Hifi sound.

Berdasarkan pengalaman kami, fitur ini cukup memberikan audio dengan dynamic range tinggi, dan mengandalkan codec terbaru Samsung yang seamless (SSC HiFi) memungkinkan transfer musik berkualitas tinggi tanpa jeda, dan coaxial 2-way speaker terkini membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih kaya dari sebelumnya. Mantap.

Kesimpulan

Berada dekat dengan Buds 2 Pro selama kurang lebih dua pekan menemani aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, cukup puas. Dari segi harga, tak terlalu membebani dan terasa mahal. Masih di bawah Rp 3 juta.

Meski demikian, peningkatan di spesifikasi dan fitur di Galaxy Buds 2 Pro kentara, bisa dirasakan. Embel-embel ‘Pro’ nyatanya tidak sekadar nama saja. Bisa dibuktikan feel dan pengalamannya yang juga terasa ditingkatkan.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”