Ketahui Seberapa Penting Peran Data Scientist di Era Digital

Ketahui Seberapa Penting Peran Data Scientist di Era Digital

WargaSipil.com – Menurut World Economic Forum, data scientist termasuk ke dalam 10 pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada 2022. Saat ini otomatisasi sudah menjadi pilihan perusahaan agar lebih efisien dan kompetitif dalam operasionalnya.

Komisioner BNSP Bidang Sertifikasi, Bonardo Aldo Tobing menjelaskan saat ini Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia di bidang science. Padahal populasi usia produktif masyarakat Indonesia pada 2022 ini meningkat demografinya.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara sektor industri, lembaga pendidikan, dan badan sertifikasi untuk mempersiapkan SDM di bidang data science untuk menciptakan generasi atau SDM yang mampu di bidang data science” ujarnya di acara Data Enthusiast Day 2022 yang digelar Data Academy.

Luthfy Ardiansyah selaku CEO Data Academy menjelaskan keilmuan data dan Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan saat ini tidak hanya menjadi bagian dari analisis untuk pengambilan keputusan saja.

“Penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menarik minat siswa dan mahasiswa dalam bidang data science dan AI, serta memperkecil gap antara ketersediaan talenta dan kompetensinya,” katanya secara daring.

Dalam kesempatan yang sama, Richardus Eko Indrajit Pembina Aptikom dalam paparannya menerangkan pentingnya peran data scientist saat ini. Buat mereka yang ingin memulai bisnis baru bahkan dikatakan perlu melihat potensi ilmuwan data ini.

“Jika dahulu dalam membangun bisnis dibutuhkan 4M (money, man, material, method) untuk saat ini dibutuhkan data science seiring dengan makin canggihnya jaman untuk mendukung perkembangan bisnis. Maka, pentingnya data science dalam suatu operasional bisnis, dan akan menjadi sulit bagi pelaku bisnis untuk bertahan jika tidak memiliki kemampuan untuk mengelola data,” ungkapnya.

Kemudian, hal yang sama juga diutarakan Senior Project Manager Data Science PT Pupuk Indonesia (Persero) Yetty Endarwati. Dirinya turut menjelaskan, bagaimana data science punya peranan penting dalam sebuah bisnis khususnya untuk Pupuk Indonesia saat ini. Menurutnya, dengan positioning Pupuk Indonesia yang baik, pihaknya juga mulai memanfaatkan data science untuk otomatisasi pengambilan keputusan.

“Dimulai dengan mengimplementasikan data science di bidang marketing, sales and distribution, kini di tahun 2022 telah merambah dalam bidang produksi dan pengadaan. Rencananya, di tahun 2023, 2024, dan 2025 akan merambah pada bidang Human Capital and Finance, Logistic, Trading, serta Food, Utility dan EPC,” terang Yetty.

Selain soal data science, juga dibahas tema lainnya yakni Blockchain. Sebagai pusat pembelajaran data science, Data Academy juga menyediakan sertifikasi nasional maupun internasional di bidang data serta pembelajaran e-learning.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”