Google Chrome Kenalkan Fitur Baru, Mode Hemat Daya/Memori

Google Chrome Kenalkan Fitur Baru, Mode Hemat Daya/Memori

WargaSipil.com – Belakangan ini peramban atau browser Google Chrome mendapat kritik pengguna karena penggunaan memori dan sumber daya sistemnya yang tinggi. Tak tinggal diam, perusahaan telah berupaya meningkatkan kinerja browser Chrome dengan berbagai cara.

Terbaru, di Chrome 107 canary terdapat pengaturan kinerja baru yang memiliki fitur mode hemat memori dan mode hemat daya. Target utama dari fitur ini adalah untuk menghemat daya (baterai) laptop Anda.

Dikutip dari Techdows, Rabu (21/9), fitur ini akan meningkatkan kinerja daya dan memori dengan menunda atau menonaktifkan tab yang tidak aktif. Ini berarti bahwa konten dari tab yang tidak aktif ini hanya akan dimuat saat Anda mengekliknya.

Google Chrome menambahkan bagian kinerja baru pada halaman pengaturan di chrome://settings/performance bagi pengguna untuk mengaktifkan dan menggunakan mode hemat memori dan hemat baterai.

Penting untuk dicatat bahwa mode hemat daya mungkin tidak muncul jika perangkat Anda tidak menggunakan baterai atau saat di laptop sedang menggunakan power supply. Jadi, mungkin perlu beberapa saat setelah memasang (baterai) laptop Anda agar fitur ini muncul.

Mode penghemat memori di browser Chrome berfungsi seperti fitur hibernasi tab Microsoft Edge. Saat mode penghemat memori aktif, Chrome akan mengambil kembali memori dari tab yang tidak aktif.

Ini akan membebaskan sumber daya komputer untuk tugas lain dan menjaga browser Chrome tetap cepat. Tab yang tidak aktif akan tampak kosong dan dimuat ulang secara otomatis saat pengguna mengetuknya.

Namun, penghemat baterai bekerja dengan membatasi framerate tampilan untuk mengurangi konsumsi daya. Cara mengaktifkan mode hemat memori dan hemat baterai di browser Chrome adalah sebagai berikut.

– Kunjungi chrome://flags.
– Cari penghemat baterai dan mode efisiensi.
– Mode efisiensi tinggi mencakup opsi yang berbeda, Anda dapat memilih waktu buang label sebagai 5 detik, 30 detik, 2 menit, dan 1 jam.
– Setelah seleksi, Anda perlu me-restart browser, lalu klik menu, pilih pengaturan, dan kolom kinerja akan muncul.
-Setelah dibuka, Anda dapat mengaktifkan penghematan memori dan penghematan daya (untuk laptop).

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”