Operasi Hernia Fatih Berjalan Lancar, Begini Penjelasan Rizky Billar

Operasi Hernia Fatih Berjalan Lancar, Begini Penjelasan Rizky Billar

WargaSipil.com – Muhammad Leslar Al-Fatih Billar, putra dari pasangan sesama selebriti Rizky Billar dan Lesti Kejora menjalani operasi hernia, Selasa (20/9). Tindakan medis tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Bunda yang terletak di bilangan Menteng Jakarta Pusat.

Rizky Billar dalam Instagram Story, mengucapkan rasa syukur karena proses operasi sang putra berjalan lancar sesuai harapan.

“Alhamdulillah operasi Al-Fatih berjalan lancar. Terima kasih orang-orang baik yang sudah mendoakan,” ujar Rizky Billar dalam unggahan Instagram Story sekitar 15 jam lalu.

Aktor keturunan Padang itu memberikan sedikit bocoran terkait penyakit yang diderita Fatih. Rizky Billar menyebut sang putra menderita penyakit hernia inguinalis.

“Bagi yang pengin tahu Fatih itu sakit apa. Fatih itu sakit Hernia Inguinalis ya. Penyebabnya apa, faktornya apa, bisa tanya mbah Google,” lanjut Rizky Billar.

Dikutip dari Halodoc, terdapat sejumlah gejala yang timbul pada mereka yang terkena penyakit hernia inguinalis. Di antaranya munculnya tonjolan pada bagian selangkangan, tonjolan semakin membesar pada saat batuk atau berdiri, tonjolan terasa nyeri ketika disentuh, bagian selangkangan terasa berat atau seperti ada yang tertarik, timbul rasa nyeri dan pembengkakan pada area sekitar testis disebabkan sebagian usus masuk ke dalam kantong skrotum, dan lain lain.

Sebagian besar penyakit hernia inguinalis disebabkan oleh faktor penuaan dan biasanya diderita kaum adam. Kendati demikian, terkadang penyakit ini juga terjadi pada bayi, anak-anak, dan bisa terjadi pada perempuan.

Hernia inguinalis terjadi ketika usus atau lemak dari perut menonjol melalui dinding perut bagian bawah ke daerah inguinal, atau selangkangan. Ini mengakibatkan timbulnya tonjolan atau pembengkakan pada daerah selangkangan atau pembesaran skrotum. Tonjolan ini terutama dirasakan ketika batuk, membungkuk, atau mengangkat benda yang berat.

—————————————————-
”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.jawapos.com. Situs Wargasipil.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Wargasipil.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”