Minta Tak Bully Anak-anak Sambo, KPAI: Tidak Adil Jika Mereka Jadi Sasaran Bully

Minta Tak Bully Anak-anak Sambo, KPAI: Tidak Adil Jika Mereka Jadi Sasaran Bully

Minta Tak Bully Anak-anak Sambo, KPAI: Tidak Adil Jika Mereka Jadi Sasaran Bully

Retno mengatakan bahwa perlindungan khusus harusnya diberikan kepada anak-anak Sambo

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau masyarakat untuk tidak mem-bully anak-anak Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. KPAI mengatakan bahwa anak-anak Sambo seharusnya dilindungi dari berbagai bentuk kekerasan.

“Anak-anak tersebut tidak bersalah dan sudah seharusnya dilindungi dari berbagai bentuk kekerasan, baik kekerasan verbal, fisik, psikis, maupun cyber,” ujar Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam keterangan kepada wartawan, Senin (22/8).

Retno mengatakan bahwa perlindungan khusus harusnya diberikan kepada anak-anak Sambo. Retno mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan.

Minta Putri Candrawathi Terbuka dan Jujur, Komnas HAM: Agar Proses Hukum Tidak Berkepanjangan

“Perlindungan khusus bagi anak dilakukan melalui upaya: penanganan yang cepat, termasuk pengobatan dan/atau rehabilitasi secara fisik, psikis, dan sosial, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya sebagaimana dijamin dalam UU Perlindungan Anak dan peraturan turunannya, yaitu PP No 78 Tahun 2021 tentang Perlindungan Khusus bagi Anak,” jelasnya.

Menurutnya, anak-anak Sambo pasti sudah tertekan dengan kondisi orang tuanya yang menghadapi proses hukum. Retno menyebut anak-anak Sambo pasti bingung dan cemas dengan situasi yang saat ini mereka hadapi.

“Anak-anak itu juga pasti sudah tertekan dengan kondisi kedua orangtua menghadapi proses hukum dengan tuntutan hukuman yang tinggi, mulai dari 20 tahun sampai seumur hidup karena kasus pembunuhan berencana. Mereka juga pasti bingung dan cemas dengan situasi yang saat ini mereka hadapi. Bahkan tidak di-bully pun oleh netizen atau teman-temannya, mereka sudah sangat tertekan secara psikologis,” jelasnya.

Retno mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mencari kebenaran informasi anak-anak Sambo mendapat perundungan.

“Jika benar, tentu KPAI akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mencari solusi, demi kepentingan terbaik bagi anak,” ucapnya.

“Jadi sangat tidak adil jika mereka jadi sasaran bully dengan dalih sanksi sosial. Situasi yang dihadapi anak-anak ini sudah berat, jadi jangan ditambah bebannya dengan pem-bully-an. Jadi setop pem-bully-an terhadap anak-anak Ferdy Sambo,” tuturnya.

Putri Candrawathi Belum Ditahan, Politikus PDIP: Alasan Sakit Itu Sudah Klasik


Artikel ini bersumber dari www.jitunews.com.